Devotion 1176 : DITENTUKAN OLEH PEMIMPIN

Devotion 1176 - Dr. Heintje Kobstan
DITENTUKAN OLEH PEMIMPIN
Bacaan: Yehezkiel 19

Israel (kerajaan Yehuda) diumpamakan sebagai seekor singa betina. Dan singa betina ini membesarkan seekor singa muda yang belajar menerkam malah manusia pun diterkamnya. Singa muda ini pelambang dari raja Yoahas. Namun singa muda ini di tawan oleh Firaun Nekho dari Mesir pada tahun 608 SM. Lalu kemudian singa betina ini melihat usahanya gagal, maka ia mengambil seekor anak singa lainnya dan membesarkannya menjadi singa muda. Singa muda berikutnya adalah Yoyakim adik Yoahas. Namun kepemimpinannya tidak dibahas disini karena ia mati sebelum berbuat banyak. Lalu anaknya Yoyakhin menjadi raja namun kemudian ditawan oleh Nebukadnezar raja Babel tahun 597 SM.

Yehezkiel kemudian melanjutkan ratapannya dengan menggambarkan pohon anggur. Pada pohon anggur itu tumbuh suatu cabang yang kuat dan menjulang tinggi, namun kemudian tercabut dan dibuang kebumi lalu terbakar. Ini merupakan gambaran raja Zedekia, yang bertanggung jawab atas keruntuhan kota Yerusalem. Seandainya Zedekia menyerahkan diri dan takluk kepada Babel maka kota itu terhindar dari kehancuran. Melihat ratapan Yehezkiel yang disajikan melalui puisi dalam bentuk elegi (qînâ), dalam samaran sebagai perumpamaan, mengungkapkan kebobrokan kepemimpinan Yehuda yang tidak mau mendengarkan firman TUHAN. Seandainya kepemimpinan Israel berfungsi sesuai kehendak TUHAN maka mereka tidak akan mengalami pembuangan. Karena nasib suatu bangsa ditentukan oleh para pemimpin.

Pelajaran hari ini adalah apa yang diratapi oleh Yehezkiel tentang Israel pun bisa terjadi baik dalam dunia rohani maupun sekuler. Seorang pemimpin harus melakukan kehendak TUHAN agar supaya seluruh bangsa mendapatkan kasih karunia Tuhan. Bagaimana dengan peran rakyat atau umat Tuhan terhadap kepemimpinan? Doakanlah para pemimpinmu dan dukunglah kepemimpinan yang membawa kepada kesejahteraan karena merek melakukan kehendak TUHAN. Bagaimana dengan kaum rohaniawan? Seharusnya kaum rohaniawan menjadi patner bagi para pemimpin yang terus mengarahkan mereka untuk melakukan kehendak TUHAN. Umat Tuhan dan kaum rohaniawan janganlah terbeli dengan uang atau janji-janji palsu supaya mendukung para pemimpin yang tidak takut TUHAN.

Doakan dan dukunglah para pemimpin yang melakukan kehendak TUHAN agar supaya TUHAN berkenan atas GerejaNya dan Bangsa ini.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 19:1 "Hai, ucapkanlah suatu ratapan mengenai raja Israel,..."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 08'04'19: 1Raja-raja 7 - 9

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT