Devotion 1182 : BERAWAL DARI KESOMBONGAN

Devotion 1182 - Dr. Heintje Kobstan
BERAWAL DARI KESOMBONGAN
Bacaan: Yehezkiel 26

Pasal ini memuat nubuatan atas bangsa Tirus. Tirus mewakili bangsa-bangsa yang tinggal di pesisir. Tirus, Ibu kota Fenisia, terletak 96 kilometer barat laut Nazaret, di pesisir Laut Tengah. Sebagian kota ini adalah sebuah pulau dan daerah pantai di kaki pegunungan Libanon. Sejarah (Heroditus dan surat-surat Amarna) mengungkapkan bahwa bangsa ini desak keluar dari Palestina dan Siria pada abad ke-13 dan ke-14. Kemudian bangsa Fenisia itu mengalihkan kekuatan mereka ke laut dan menjadi marinir dan pedagang terhebat sepanjang waktu, pada waktu itu.

Mengapa TUHAN ingin menghukum Tirus? Kesombonganlah yang merupakan alasan TUHAN menghukum Tirus. Tirus bersukacita dalam kesombongannya ketika melihat Yerusalem dihancurkan. Mereka malah sesumbar untuk menjadikan Yerusalem jarahan mereka (ay.2). Mereka menjadi serakah! Justru keserakahan Tirus menjadi bumerang buat mereka (ay.5). Tuhan melakukan pembalasan. Pada tahun 588 M, Firaun-Hofra menyerang Tirus dan Sidon. Nebukadnezar mengepung Tirus selama 13 tahun (585-573 SM), tetapi tidak merebutnya (Yeh. 29:18). Setelah pengepungan tujuh bulan, Aleksander Agung akhirnya menghancurkan kota pulau itu pada tahun 332 SM, dengan membangun sebuah saluran dari situ ke daratan. Tirus dibangun kembali pada tahun 314 SM. Orang-orang Muslim menaklukkannya pada tahun 638, dan para prajurit Perang Salib merebutnya pada tahun 1124. Kota itu dihancurkan sepenuhnya oleh orang-orang Muslim yang berperang dalam Perang Salib pada tahun 1291. Saat ini Tirus adalah sebuah desa nelayan kecil, es-Sur.

Jika kita belajar dari Tirus, maka kesombonganlah adalah awal dari kehancuran. Kesombongan adalah pintu menuju keserakahan. Serakah adalah perasaan tidak puas dengan apa yang dimiliki, sehingga membuat seseorang jadi mata gelap dan merampas hak orang lain. TUHAN tidak suka kepada orang sombong dan serakah. Karena itu janganlah sombong dan serakah karena segala sesuatu adalah milik Tuhan. Bersyukurlah selalu!

Kesombongan adalah awal dari kehancuran dan pintu menuju keserakahan.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 26:21 "Aku menentukan bagimu akhir hidupmu yang mendahsyatkan dan engkau tidak terjumpa lagi. Engkau dicari orang, tetapi tidak ditemui lagi untuk selama-lamanya, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

Pembacaan Alkitab setahun BERGEMA
Tgl. 27'04'19 = 1Taw. 22 - 25

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT