Devotion 1180 : API PEMURNIAN

Devotion 1180 - Dr. Heintje Kobstan
API PEMURNIAN
Bacaan: Yehezkiel 24

Kejahatan yang dilakukan oleh Yerusalem sudah pada tahap yang tak dapat dipulihkan lagi. Sehingga pada hari di mana raja Babel mulai menyerang Yerusalem, Yehezkiel mendapatkan firman TUHAN tentang perumpamaan tentang kuali yang berisi potongan daging. Yerusalem akan menjadi seperti sebuah kuali dan penduduknya akan seperti potongan daging dan tulang pilihan. setelah isi kuali itu habis, kuali itu akan dimurnikan. Dengan api hukuman hingga tembaganya menjadi merah, kotorannya hancur, dan karatnya hilang (ay. 11). Karena Yerusalem menolak Allah membersihkannya dari segala kecemarannya, maka ia harus berhadapan dengan murka Allah yang hebat.

Yehezkiel mendapatkan firman Tuhan tentang perumpamaan kuali yang berkarat yang ditaruh di atas api untuk dibersihkan. Hal ini merupakan penghakiman yang menyucikan akan berlanjut setelah kehancuran kota itu. Dimana TUHAN harus menyucikan kota itu dari segala dosa dan kejahatan yang telah menjadi karat dan tak bisa dihilangkan kecuali melalui api penderitaan. Bukan hanya itu, TUHAN memakai isteri Yehezkiel yang sangat dicintainya sebagai gambaran dimana Israel seperti kena tulah. Dengan sepengetahuan Yehezkiel, TUHAN mengambil isterinya dan berpesan jangan meratap ataupun menangis. Bukankah ini suatu penderitaan yang sangat Berta yang harus ditanggung oleh Isra? Bahkan nabi pun harus mengalaminya juga. Dan dengan berpantang untuk meratapi kematian istrinya, dia menjadi simbol keputusasaan bangsa itu atas nasib kota mereka (ps. 24). Semua perlakuan yang keras dan radikal yang TUHAN lakukan adalah untuk membersihkan dan memurnikan Israel kembali. Semua yang Tuhan lakukan ini semata-mata karena Dia mengasihi umatNya dan ingin memurnikannya lagi (ay.13).

Patutlah kita bersyukur pada TUHAN karena kasihNya yang luar biasa. Walau umatNya telah melakukan kejahatan tetapi kasih Yesus Kristus telah menebus dosa-dosa umatNya lewat kematianNya di kayu Salib. Melalui Salib, Yesus Kristus telah membebaskan dan menyucikan kehidupan umatNya dari segala dosa atau karat-karat rohani. Tetapi, janganlah bermegah dahulu sebab dibalik karya Salib ada tuntutan untuk hidup berkenan kepada TUHAN. Jika umatNya terus bermain-main dengan dosa dan kejahatan maka TUHAN tidak akan segan-segan untuk memurnikan umatNya kembali dengan cara yang keras dan menyakitkan.

Walau hidupmu penuh karat-karat dosa dan keputusasaan namun karya Salib Kristus sanggup menjadikannya bersih dan murni kembali yang akan menjadikan hidupmu penuh pengharapan.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 24:14 "Aku, TUHAN, yang mengatakannya. Hal itu akan datang, dan Aku yang akan membuatnya. Aku tidak melalaikannya dan tidak merasa sayang, juga tidak menyesal. Aku akan menghakimi engkau menurut perbuatanmu, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

Pembacaan Alkitab setahun BERGEMA
Tgl. 17'04'19 = 2Raja 13 - 15

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT