Devotion 1175 : YANG BERBUAT YANG BERTANGGUNG JAWAB

Devotion 1175 - Dr. Heintje Kobstan
YANG BERBUAT YANG BERTANGGUNG JAWAB
Bacaan: Yehezkiel 18

Ada kepercayaan di kalangan orang Yahudi bahwa karena dosa-dosa orang tua mereka maka mereka harus menanggung hukuman. Dalam hal ini mereka mempertanyakan keadilan TUHAN. Mereka mengungkapkan kata sindiran bahwa ayah-ayah makan buah mentah dan gigi anak-anaknya menjadi ngilu. Kata sindiran ini mungkin berdasarkan pada Kel. 20:5 dan Ul. 5:9, yang keduanya mengajarkan bahwa anak-anak terpengaruh oleh dosa-dosa orang-tuanya; akan tetapi, Yehezkiel menjelaskan bahwa nas-nas ini tidak dimaksudkan untuk mengajarkan bahwa anak-anak akan dihukum karena dosa orang-tua.

Pasal ini mengajarkan kebenaran dasar bahwa setiap orang bertanggung jawab kepada Allah atas hidupnya sendiri, dan bahwa setiap orang yang terus-menerus berbuat dosa akan mati secara rohani dan menderita hukuman kekal. Sebaliknya orang yang menjaga diri dari perbuatan melanggar hukum Taurat dengan sendirinya tidak akan dihukum melainkan akan hidup (ay. 5-9). Namun tidak berarti anaknya dengan sendirinya juga akan berkenan kepada Tuhan. Kalau si anak ternyata melakukan segala sesuatu yang jahat yang bertentangan dengan perilaku sang ayah, anak itu pasti akan dihukum. Apa yang ingin disampaikan oleh Yehezkiel adalah secara koorporat kita harus saling mengingatkan dan menguatkan agar hidup ini berkenan kepada TUHAN. Tetapi tiap-tiap orang harus mempertanggungjawabkan dirinya sendiri di hadapan TUHAN.

Apa yang telah kita pelajari hari ini adalah malapetaka yang dialami seseorang bukan karena dosa orang tua. Hal ini terjadi karena dirinya sendiri yang melakukan dosa. Karena itu, setiap orang harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dihadapan Allah. Dan keselamatan serta kehidupan kekal hanya bisa terjadi jika setiap pribadi menyerahkan hidupnya serta percaya dengan sungguh kepada Yesus Kristus TUHAN. Hanya di dalam Yesus ada keselamatan dan pengampunan dosa.

Setiap orang harus mempertanggungjawabkan kehidupannya dihadapan TUHAN sebagai Sang Pemilik kehidupan.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 18:4 "Sungguh, semua jiwa Aku punya! Baik jiwa ayah maupun jiwa anak Aku punya! Dan orang yang berbuat dosa, itu yang harus mati."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 06'04'19: 1Raja-raja 1 - 3

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT