Devotion 1177 : PELAJARAN SEJARAH

Devotion 1177 - Dr. Heintje Kobstan
PELAJARAN SEJARAH
Bacaan: Yehezkiel 20

Setiap bangsa mempunyai sejarah dan peran sejarah sangat penting bagi kehidupan berbangsa. Kita bisa belajar tentang apa saja terutama berkehidupan melalui sejarah, karena itu jangan pernah melupakan sejarah. Demikian dalam pasal ini, TUHAN mengingatkan para tua-tua Israel yang datang untuk meminta petunjuk dari TUHAN kepada Yehezkiel. Apa yang mau diingatkan TUHAN dan sekaligus teguran keras bagi mereka yaitu sejarah. Sejarah tentang apa? Sejarah tentang bangsa Israel yang senantiasa berubah setia kepada TUHAN. Bukannya TUHAN memberikan petunjuk kepada para tua-tua Israel malahan Tuhan menyatakan penghakiman-Nya atas mereka.

Sejarah Israel menunjukkan Tuhan yang penuh kasih dan setia kepada umat yang terus menerus berontak. Kasih dan kesetiaan TUHAN telah terbukti kepada Israel sekalipun mereka menolakNya. Sejak dari Masa perbudakan di Mesir dan sampai di tanah perjanjian, TUHAN telah menunjukkan sumpahNya untuk terus menjadi Allah dan TUHAN bagi Israel. Bahkan bukan hanya sampai saat itu, tetapi ternyata terus berlanjut sampai kepada zaman Yehezkiel. Sejarah Israel telah menunjukkan kebobrokan mentalitas mereka yang dengan mudah terpaut kepada berhala atau dewa-dewa asing yang membuat TUHAN jijik kepada mereka. Tetapi sejarah Israel juga telah membuktikan kasih setia TUHAN yang tak berkesudahan atas umatNya yang tegar tengkuk ini. Sejarah merupakan pembuktian tentang kasih setia TUHAN kepada umatNya.

Melalui sejarah Israel, TUHAN sedang mengajar kepada kita semua bahwa kasih setia TUHAN itu tak berkesudahan. Walaupun Gereja TUHAN seperti bangsa Israel, sering tidak memaati firman Tuhan, bahkan berkompromi dengan dunia ini, tetapi Allah tidak meninggalkan umat-Nya. Sekalipun adakalanya Tuhan dengan keras menghajar umatNya tetapi itu semua demi pemurnian dan didikan agar umatNya kembali ke jalan kebenaran. Sejarah mengajar kepada Gereja TUHAN agar menyadari bahwa kasih setia TUHAN itu tak berkesudahan. Sehingga melalui kasih setia TUHAN seharusnya membawa umatNya kepada kehidupan yang berkenan kepadaNya.

Sejarah merupakan pembuktian akan kasih setia TUHAN yang tak berkesudahan kepada umatNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 20:44 "Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada masa Aku, oleh karena nama-Ku, tidak memperlakukan kamu selaras dengan tingkah lakumu yang jahat dan busuk, hai kaum Israel, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 11'04'19: 1Raja-raja 16 - 18

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT