Devotion 1207 : TIDAK KOMPROMI

Devotion 1207 - Dr. Heintje Kobstan
TIDAK KOMPROMI
Bacaan: Daniel 3

Dalam kisah ini, raja Nebukadnezar membuat patung emas yang tingginya 60 hasta dan lebarnya 6 hasta. Patung itu didirikan di dataran Dura di wilayah Babel. Apakah raja Nebukadnezar terinspirasi dari mimpinya atau tidak, namun yang pasti bahwa semua orang di bawah kekuasaannya harus menyembah patung itu. Pada waktu penahbisan patung itu, raja mengundang para wakil raja, para penguasa, para bupati, para penasihat negara, para bendahara, para hakim, para ahli hukum dan semua kepala daerah. Namun Daniel tidak hadir karena mungkin mengadakan perjalanan keliling negeri untuk raja saat itu, atau tanggung jawabnya mungkin berbeda dengan mereka yang disebut dalam ayat ini.

Ketika terdengar bunyi-bunyian maka seluruh rakyat harus sujud menyembah kepada patung itu. Siapa yang tidak sujud menyembah, akan dicampakkan seketika itu juga ke dalam perapian yang menyala-nyala. Namun Sadrakh, Mesakh dan Abednego menghiraukan titah raja. Merekapun diperhadapkan kepada raja, dan tetap berketetapan untuk tidak menyembah patung itu. Kata mereka kepada raja, "Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja; tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu." Merekapun dibuang ke api yang telah dipanaskan tujuh kali. Tetapi mereka tidak terbakar bahkan bau hanguspun tidak. Malah raja melihat ada orang keempat yang rupanya seperti anak dewa.

Mengapa mereka berketetapan hati untuk tidak menyembah patung itu walau nyawa taruhannya? Sebab mereka mengetahui identitas mereka yang sesungguhnya didalam Tuhan. Identitas ini yang membangkitkan iman mereka sehingga mereka tidak mau mengkompromikan iman dengan menyembah ilah lain. Iman akan mempengaruhi pola pikir yang kemudian dinyatakan lewat tindakan dan perkataan. Karena itu, raja memberikan mereka kedudukan yang sangat tinggi dan memuliakan Allah mereka.

Siapa Anda didalam Tuhan sangat berhubungan dengan iman yang kemudian akan mempengaruhi pola pikir yang dinyatakan lewat tindakan dan perkataan.

#passionateheintje.blogspot.com
Daniel 3:28 "Berkatalah Nebukadnezar: "Terpujilah Allahnya Sadrakh, Mesakh dan Abednego! Ia telah mengutus malaikat-Nya dan melepaskan hamba-hamba-Nya, yang telah menaruh percaya kepada-Nya, dan melanggar titah raja, dan yang menyerahkan tubuh mereka, karena mereka tidak mau memuja dan menyembah allah mana pun kecuali Allah mereka."

Pembacaan setahun BERGEMA:
Tgl. 04 Agust 2019 : Yesaya 46 - 48

Identitas yang Anda miliki dalam Tuhan akan mempengaruhi pikiran, tindakan dan perkataan... bagaimana caranya?
Temukan jawabannya disini:
https://youtu.be/Y7DS-7_7pAU

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT