Devotion 1191 : KEBENCIAN

Devotion 1191 - Dr. Heintje Kobstan
KEBENCIAN
Bacaan: Yehezkiel 35

Yehezkiel disuruh Tuhan untuk bernubuat melawan pegunungan Seir? Ada apakah di pegunungan Seir? Pegunungan ini merupakan dataran tinggi di sebelah timur Arabah, yang membentang dari Laut Mati sampai Teluk Akaba, merupakan kediaman Edom (Kej. 36:8, 9; Ul. 1:2; I Taw. 4:42). Seir berarti berbulu, karena tertutup dengan potongan-potongan kayu. Nubuatan ini, yang jauh lebih rinci daripada nubuatan dalam Yeh. 25:12-14, timbul karena sikap permusuhan Edom terhadap Yehuda setelah tahun 586 SM.

Mengapa pegunungan Seir yang merupakan tempat kediaman bangsa Edom harus menerima murka Tuhan? 1. Karena rasa permusuhan Edom yang ditujukan turun temurun kepada Israel. 2. Edom membiarkan Israel menjadi makanan pedang saat kejatuhan Yerusalem. 3. Edom berencana untuk memiliki wilayah Israel setelah pembantaian penduduknya, tanpa diberi kuasa oleh Nebukadnezar ataupun oleh Tuhan. Jadi, Edom dihukum Tuhan karena kebencian mereka terhadap umat Tuhan serta keinginan mereka untuk mencuri milik Tuhan yaitu dengan menjadikan Israel sebagai jajahan mereka. Penghukuman yang akan Edom terima adalah kehilangan pegunungan yang menjadi tempat tinggal mereka.

Memang Israel (dalam hal ini Yehuda, karena Yehezkiel tetap memandang kesatuan Israel) telah berbuat salah pada Tuhan dan harus dihukum. Kebencian telah membuat Edom begitu ingin menghancurkan Israel turun temurun. Kebencian itu bisa bisa menjadi penyakit menular yang bisa membawa kehancuran. Karena itu, obat dari kebencian adalah melepaskan pengampunan. Ampuni dan kasihi mereka yang menjadi musuhmu sebab dengan demikian engkau menyatakan Kristus dalam hidupmu.

Tindakan mengampuni merupakan obat bagi mereka yang sedang dilanda penyakit kebencian.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 35:5 "Oleh karena dalam hatimu terpendam rasa permusuhan yang turun-temurun dan engkau membiarkan orang Israel menjadi makanan pedang pada hari sial mereka,.."

Silahkan ditonton juga:
https://youtu.be/ZBl6RxrPesA

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT