Devotion 1190 : MEMBERI HIDUP

Devotion 1190 - Dr. Heintje Kobstan
MEMBERI HIDUP
Bacaan: Yehezkiel 34

Pasal ini merupakan koreksi kepada kepemimpinan Israel, yaitu bagi raja, imam dan nabi. Merekalah yang seharusnya memimpin umat untuk hidup dalam kesejahteraan tetapi ternyata sebaliknya. Karena keserakahan, korupsi, dan mementingkan diri sendiri, mereka telah lalai menuntun umat Allah sebagaimana dikehendaki oleh-Nya. Mereka memeras umat itu (ay.3) dan menggunakan mereka untuk kepentingan pribadi dan bukan menolong mereka secara rohani (ay.4). Bahkan mereka juga yang bertanggung jawab atas penawanan Yehuda.

Apa yang telah dilakukan oleh para pemimpin yang disebutkan oleh Yehezkiel bahwa mereka adalah para gembala (rô'eh - ra'ah). Para gembala ini telah melupakan tugas dan tanggung jawab mereka terhadap kawanan dombanya. Para gembala membiarkan kawanan domba mencari kebutuhan mereka sendiri, mereka tercerai berai, tidak terawat bahkan menjadi sasaran empuk bagi pemangsa. Para gembala hanya menikmati susu, bulu domba bahkan dagingnya tanpa mempedulikan domba-domba itu. Para gembala itu telah bersikap egois, hanya mengambil tanpa memberi. Ibarat pepatah 'pagar makan tanaman' mereka berprilaku demikian. Hal inilah yang membuat TUHAN menghukum para gembala itu dan mengalihkan tugas penggembalaan kepada Daud dan keturunannya, yaitu Yesus Kristus Sang Gembala sejati.

Apakah salah jika seorang Gembala menikmati hasil dari domba-dombanya? Tidak! Sepanjang gembala itu memelihara dengan baik domba-dombanya. Yesus berkata, "...gembalakanlah domba-dombaku"... Tugas penggembalaan telah diberikan kepada setiap orang percaya. Ladang penggembalaan dan domba-dombanya adalah tempat dimana saudara berada, yaitu di kantor, sekolah, keluarga, dsb. Saudara tidak harus menjadi gembala atau pendeta untuk bisa menggembalakan. Karena itu, jadilah gembala yang baik, yang bertanggung jawab yang memberi hidup bagi kawanan dombanya.

Gembala yang baik adalah yang memberi hidupnya bagi kawanan domba gembalaannya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 34:3 "Kamu menikmati susunya, dari bulunya kamu buat pakaian, yang gemuk kamu sembelih, tetapi domba-domba itu sendiri tidak kamu gembalakan."

Pembacaan Alkitab setahun BERGEMA
Tgl. 29'05'19 = Ayub 25 - 27

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT