Devotion 1185 : BERMEGAHLAH DI DALAM KRISTUS

Devotion 1185 - Dr. Heintje Kobstan
BERMEGAHLAH DI DALAM KRISTUS
Bacaan: Yehezkiel 29

TUHAN menyuruh Yehezkiel untuk bernubuat melawan Mesir. Pada waktu itu, Mesir diperintah oleh Firaun Hofra (atau Apries) sekitar tahun 588 - 570 SM. Dosa Mesir yang paling utama adalah kesombongan dan tindakannya yang membawa orang Israel menjauh dari TUHAN. Dalam pendahuluan kitab ini, dijelaskan bahwa Mesir adalah kekuatan dunia yang besar, yang memerintah atas bangsa-bangsa dan ingin menguasai dunia. Mesir memiliki peranan penting dalam percaturan politik internasional. Pengaruhnya begitu kuat pada tahun-tahun menjelang kehancurannya, khususnya terhadap Yehuda. Mesir dijuluki monster atau buaya besar.

Apa yang akan terjadi kepada Mesir? Jika melihat apa yang disampaikan oleh Yehezkiel, maka Nebukadnezar merupakan alat TUHAN untuk menghukum bangsa-bangsa pada zaman itu. Mengapa TUHAN memakai Babel untuk menghukum bangsa-bangsa? Karena apa yang telah mereka perbuat kepada Israel. Tuhan membela umatNya dengan menggunakan Babel. Namun, Tuhan juga memakai Babel untuk menghukum Yehuda yang terus menerus melawan Allah. Mesir merupakan penghalang bagi Babel untuk melaksanakan hukuman itu. Dan juga Mesir adalah saingan Babel untuk menguasai daerah Palestina, yang pada waktu itu merupakan jembatan strategis di Timur Tengah. Mesir akan dikalahkan Dan Babel akan memperoleh kekayaan Mesir dan segala kekuasaan di bawah Mesir.

Apa yang kita pelajari dari pasal ini? Mesir bermegah karena kekuatan dan kejayaannya. Ia bahkan berkata bahwa "Sungai Nil aku punya, aku yang membuatnya." Maka Tuhan pun bangkit untuk melawan Mesir. Tuhan bisa memakai siapa saja untuk menghukum Mesir. Sebab Ia yang berkuasa dan berdaulat atas bangsa-bangsa. Karena itu, janganlah kita bermegah dalam kekuatan sebagai manusia. Bermegahlah di dalam Yesus Kristus yang telah menjadi sumber kekuatan sejati sampai selamanya.

Janganlah bermegah karena kekuatan manusia yang terbatas. Namun jika kita harus bermegah, bermegahlah dalam Yesus Kristus sumber kekuatan sejati sampai selamanya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 29:14 "Dan Aku akan memulihkan keadaan Mesir dan mengembalikan mereka ke tanah Patros, yaitu tanah asal mereka, dan di sana mereka menjadi kerajaan yang lemah."

Pembacaan Alkitab setahun BERGEMA
Tgl. 09'05'19 = 2Taw. 31 - 33

Saksikan TUNTUNAN untuk hidup baik:
https://youtu.be/hZO9ITnAbKM

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT