Devotion 1189 : PENJAGA BAGI UMATNYA

Devotion 1189 - Dr. Heintje Kobstan
PENJAGA BAGI UMATNYA
Bacaan: Yehezkiel 33

Pada jaman dahulu, setiap Kerajaan menempatkan para penjaga atau menara pengawas untuk mengawasi serangan musuh. Sekiranya ada bahaya musuh mengancam maka menara pengawas atau penjaga akan memberikan tanda bahaya ke dalam kota untuk bersiaga. Para penjaga ini haruslah tetap terjaga dan tidak terlena atau tertidur. Tugas itu tidak mudah, penuh risiko, dan menuntut tanggung jawab tinggi. Penuh risiko karena kelengahan akan dibayar mahal, minimal dengan nyawanya sendiri dan maksimal seluruh kota akan binasa. Tanggung jawab tinggi karena nyawa orang yang jadi taruhannya.

Yehezkiel telah ditetapkan oleh TUHAN untuk menjadi penjaga bagi Israel. Sama seperti penjaga harus memperingatkan penduduk sebuah kota tentang bahaya, begitu juga sang nabi harus menyuarakan peringatan Allah tentang dosa (ay. 1-9). Ketika Yehezkiel menyuarakan berita penghukuman dan pertobatan, Israel tidak menerimanya. Mereka meragukan berita itu dan menganggap bahwa mereka akan hidup selamanya di tanah itu tanpa terusik. Menjadi penjaga umat Tuhan tidak mudah. Apa yang diberitakan mungkin bisa disalahmengerti oleh umat Tuhan bahkan mereka menolak untuk menaatinya. Di tambah lagi, sikap melawan itu ditujukan bahkan dengan ancaman kepada para penjaga yang setia dan berani. Namun apapun yang menimpa Yehezkiel, ia tetap menjadi penjaga bagi umat TUHAN.

Saudara, apa yang bisa kita pelajari dari pasal ini? Bahwa setiap umat Tuhan haruslah menjadi penjaga bagi saudaranya. Memang Tuhan sendiri yang akan menjaga umatNya, tetapi Ia juga memberikan kehormatan Dan kesempatan bagi umatNya untuk menjadi penjaga bagi umatNya mewakili diriNya. Bagaimana caranya? Dengan mendoakan, menasehati, menegur dan membimbing saudara seiman agar mereka tetap hidup menjadi warga kerajaan Allah dalam kasih karunia Tuhan Yesus Kristus.

Marilah kita saling menjaga satu dengan yang lainnya sebagai saudara seiman agar tetap berdiri teguh dan tidak goyah.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 33:7 "Dan engkau anak manusia, Aku menetapkan engkau menjadi penjaga bagi kaum Israel. Bilamana engkau mendengar sesuatu firman dari pada-Ku, peringatkanlah mereka demi nama-Ku."

Pembacaan Alkitab setahun BERGEMA
Tgl. 28'05'19 = Ayub 22 - 24

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT