Devotion 1186 : KEKUATAN TUHAN

Devotion 1186 - Dr. Heintje Kobstan
KEKUATAN TUHAN
Bacaan: Yehezkiel 30

Beberapa pasal ini berbicara tentang penghukuman TUHAN atas Mesir dan bangsa-bangsa asing. Nubuatan penghukuman ini merupakan nubuatan peralihan dari penghukuman atas Yehuda dan Israel dan pemulihannya. Mengapa terjadi penghukuman atas Mesir dan bangsa-bangsa asing? Sebelum bangsa yang ideal bisa diwujudkan, musuh-musuh harus dihancurkan dan Israel dibuat aman di tanahnya. Bangsa-bangsa asing yang berjumlah 7 itu mungkin suatu simbol kesempurnaan, ditetapkan untuk menerima hukuman.

"Kedudukan sebuah bangsa di antara bangsa-bangsa bergantung pada kontribusinya kepada tujuan Allah bagi umat manusia dan pada penghormatannya kepada peraturan universal Allah" (Cook, ICC, hlm. 282). Mesir adalah kekuatan dunia yang besar, yang memerintah atas bangsa-bangsa dan ingin menguasai dunia (29:15), Yehezkiel mengecamnya dalam skala dunia, Penghakiman atas Mesir akan menjadi "hari TUHAN" (30:3). Kekuatan Mesir dan sekutunya melambangkan pemberontakan manusia terhadap Allah. Ketika penghukuman TUHAN jatuh atas Mesir, maka dewa-dewa andalan mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Tangan yang memegang tampuk pemerintahan dan tangan yang teracung mengangkat pedang adalah lambang kekuatan dan kekuasaan seseorang. Kota-kota dan benteng-benteng akan jatuh beserta seluruh prajurit akan dikalahkan oleh pedang dan penduduknya akan ditawan. Dan kekuatan tangan Firaun telah dipatahkan oleh TUHAN, Allah semesta alam.

Mesir telah merasakan kekuatan Allah pada zaman Musa namun mereka tidak bertobat dan menyembah TUHAN. Dan kali ini kekuatan TUHAN akan kembali menghukum Mesir dan tidak ada satupun kuasa Mesir sanggup menghadapi kekuatan TUHAN. Karena itu, jangan mengandalkan kekuatan manusia yang terbatas tetapi andalkan kekuatan TUHAN yang tak terbatas. Kekuatan TUHAN sanggup mengatasi segala kekuatan dunia ini.

Dunia dan segala kekuatannya tidak akan tahan berdiri tegak dihadapan kekuatan TUHAN, Allah semesta alam.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 30:21 "Hai anak manusia, Aku telah mematahkan tangan kekuatan Firaun, raja Mesir, dan lihat, tangannya itu tidak dibalut supaya sembuh kembali, tidak ada yang memasang pembalut supaya kuat kembali untuk mengacungkan pedang."

Pembacaan Alkitab setahun BERGEMA
Tgl. 11'05'19 = Ezra 1-3

Dengarkanlah berita kebenaran Tuhan:
https://youtu.be/CrvQLcHx5Ag

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT