Devotion 1184 : JANGAN SOMBONG

Devotion 1184 - Dr. Heintje Kobstan
JANGAN SOMBONG
Bacaan: Yehezkiel 28

Alkisah pada jaman dahulu kala hiduplah seekor burung gagak ditengah hutan bersama kawanan gagak lainnya. Suatu hari si gagak ini menemukan rontokan bulu burung merak yang indah. Si burung gagak kemudian mengenakan rontokan bulu merak tersebut ke tubuhnya dan ia merasa sangat keren. Ia kemudian terbang mencari kawanan burung merak agar dapat hidup ditengah mereka. Mulailah si burung gagak tinggal bersama-sama kawanan burung merak. Awalnya gagak ini diterima dengan baik namun lama kelamaan sifat sombongnya kelihatan sehingga burung merak menjauhinya. Dan akhirnya mereka menyadari bahwa si sombong itu hanyalah seekor burung gagak yang menyamar menjadi seekor burung merak. Maka kawanan burung merak tersebut mengusirnya.

Apa yang membuat Asyur dihukum TUHAN? Ittobaal II adalah raja Tirus pada kala itu (Jos Against Apion I. 21), tetapi yang dicela adalah pendewaan diri dari Tirus. Ada beberapa alasan mengapa raja Tirus menganggap dirinya sebagai Allah. Ia memiliki hikmat (ay. 3-4a), kekayaan (ay. 4b), dan kemampuan berdagang (ay. 5). Apapun alasannya, raja Tirus menganggap dirinya sama dengan Allah (ay. 6). Dosa terutama raja Tirus ialah keangkuhan yang membuatnya mengagungkan diri sebagai Allah. Karena hal ini ia akan berhadapan dengan hukuman Tuhan yang Mahatinggi dan dimasukkan ke dalam lobang kubur sebagaimana semua manusia lainya. Sebab Allah tidak suka kepada orang yang sombong apalagi yang ingin menyamai diriNya.

Secara tidak sadar umat TUHAN juga telah meninggikan diri dihadapan TUHAN. Mereka menggantikan posisi TUHAN yang harus disembah sebagai TUHAN yang harus melayani kebutuhannya. Karena TUHAN itu berkuasa dan sanggup melakukan segala perkara maka dengan demikian TUHANlah yang harus turun tangan membantu umatNya. Di sisi lain, kesombongan umat terlihat dari semua yang mereka miliki adalah karena hasil usaha mereka bukan karena anugerah Tuhan. Sehingga mereka tidak harus mengandalkan TUHAN dalam segala perkara. Dengan demikian maka sadarlah dan bersegeralah minta ampun serta rendahkanlah dirimu dihadapan TUHAN.

Sehebat-hebatnya manusia, manusia tetaplah manusia bukan TUHAN sebab itu jangan sombong.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 28:2 "Hai anak manusia, katakanlah kepada raja Tirus: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Karena engkau menjadi tinggi hati, dan berkata: Aku adalah Allah! Aku duduk di takhta Allah di tengah-tengah lautan. Padahal engkau adalah manusia, bukanlah Allah, walau hatimu menempatkan diri sama dengan Allah."

Pembacaan Alkitab setahun BERGEMA
Tgl. 05'05'19 = 2Taw. 19 - 21

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT