Devotion 1188 : SINGA MUDA BUAYA LAUT

Devotion 1188 - Dr. Heintje Kobstan
SINGA MUDA BUAYA LAUT
Bacaan: Yehezkiel 32

Di dalam kemuliaannya, Firaun menggambarkan dirinya sebagai seekor singa muda. Dengan kekuatannya ia telah menaklukkan banyak bangsa. Dan bagi Israel, Mesir adalah tempat perlindungan ketika mereka merasa terancam atau mengalami masalah. Mesir memang telah membuktikan bahwa selama ini mereka kuat dan berkuasa. Lebih dari 4000 tahun, lebih dari 48 dinasti, Firaun telah membuktikan bahwa mereka adalah yang terbaik dan merupakan simbol dari kesuksesan dan pencapaian. Tetapi TUHAN mengatakan bahwa Mesir bukanlah singa muda melainkan seperti buaya di laut.

Salah satu ikon Mesir adalah makhluk Spinx, patung makhluk berkepala singa. Oleh para ahli, menduga bahwa badan makhluk besar itu adalah sejenis naga besar, suatu makhluk yang dahsyat di dalam dongeng Tiamat. Makhluk yang merupakan personifikasi dari sungai-sungai, berusaha berjuang melawan surga namun akhirnya ia diremukkan oleh Marduk, dewa Babel. Dalam keyakinan Mesir, Firaun adalah keturunan dewa. Ia senantiasa dikaitkan dengan “hidup, sentosa, mulia, jaya, abadi, agung.” Sebagai buaya laut, ia adalah pemangsa yang kelihatannya sebagai pelindung bagi banyak bangsa, tetapi sesungguhnya ia menyerap kehidupan mereka bagi dirinya sendiri. Ia nampak besar dan dahsyat, tetapi di dalamnya keropos. Sehingga pada waktunya, Tuhan memakai Babel untuk mengalahkannya. Firaun ingin menyamai TUHAN, Sang Singa dari Yehuda dengan mengaku sebagai singa muda dan keturunan dewa dan membuat banyak bangsa berlindung padanya. Namun pada akhirnya Firaun harus turun kedunia orang mati bersama bangsa-bangsa lainnya.

Israel merasa tertarik untuk berlindung pada Firaun. Tetapi pada kenyataannya, Firaun bukanlah TUHAN, ia pun harus turun ke dunia orang mati. Hanya Yesus Kristus TUHAN, satu-satunya Allah yang menang atas maut dan hidup untuk selamanya. Jadi, pilihlah pada hari ini pada siapa engkau harus berlindung? Mesir gambaran dunia dan kekuatannya atau kepada TUHAN, Sang Pencipta alam semesta!

Hanya pada TUHAN saja tempat perlindungan yang sejati.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 32:31 "Firaun akan melihat mereka semuanya dan ia akan merasa terhibur dengan nasib khalayak ramai yang mengikutinya. Firaun mati terbunuh oleh pedang dengan seluruh tentaranya, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

Pembacaan Alkitab setahun BERGEMA
Tgl. 27'05'19 = Ayub 19 - 21

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT