Devotion 1187 : TAKUTLAH AKAN TUHAN

Devotion 1187 - Dr. Heintje Kobstan
TAKUTLAH AKAN TUHAN
Bacaan: Yehezkiel 31

Dalam pasal ini, TUHAN menggambarkan Mesir ibarat pohon aras di Libanon. Pohon aras di Libanon, penuh dengan cabang yang elok dan daun yang rumpun sekali, tumbuhnya sangat tinggi, puncaknya sampai ke langit. Pohon ini tumbuh di dekat daerah berair yang membuatnya menjadi kuat (ay.4). Perkembangannya begitu cepat dan sangat subur (ay.5). Keberadaannya juga menjadi berkat bagi semua yang berlindung padanya (ay.6). Namun karena kelebihannya ia menjadi sombong (ay.10).

Dalam perumpamaan itu, pohon aras yang sombong itu ditebang dan dirampok sebagai sebuah peringatan bagi pohon-pohon lainnya, yaitu, bangsa-bangsa (ay. 10-14). Alam gemetar saat pohon itu tumbang, sementara pohon-pohon lainnya di dunia yang paling bawah terhibur saat kejatuhannya (ay. 15-18). Mengapa pohon aras yang begitu elok ditebang? Dosa yang melanda Mesir adalah kesalahan yang umumnya terdapat pada diri pejabat, pembesar, dan para pemimpin. Apakah itu? Kesombongan! Dan Allah tidak pernah mentolerir kesombongan Mesir. Karena merasa diri hebat dan kuat, serta banyak bangsa berlindung padanya maka muncul sikap mementingkan penghormatan diri tanpa mengindahkan TUHAN yang menciptakan dan mengangkat Mesir melebihi bangsa-bangsa lain.

Pelajaran Mesir ini membuat kita untuk tidak melupakan TUHAN apalagi menyombongkan diri di hadapanNya. Bahkan ketika karier, jabatan, pelayanan yang semakin berkembang. Juga semakin bertambah banyak orang-orang yang mengikuti atau mengidolakan hidup kita. Tetapi takutlah akan TUHAN karena dari Dialah semua itu berasal.

Semakin kita diberkati maka hidup ini harus semakin takut akan TUHAN.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 31:10 "Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena ia tumbuh tinggi dan puncaknya menjulang sampai ke langit dan ia menjadi sombong karena ketinggiannya,..."

Pembacaan Alkitab setahun BERGEMA
Tgl. 26'05'19 = Ayub 16 - 18

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT