Devotion 1217 : JANJI PEMULIHAN

Devotion 1217 - Dr. Heintje Kobstan
JANJI PEMULIHAN
Bacaan: Hosea 1

Mungkin tidak ada nabi seperti Hosea yang menikahi seorang perempuan  sundal. Pernikahan itu terjadi karena ketaatan Hosea kepada perintah Tuhan. Bagaimana tanggapan orang-orang pada waktu itu terhadap Hosea. Sebab Hosea adalah seorang pria baik-baik, seorang hamba Tuhan menikahi perempuan sundal bahkan perempuan itu bukannya bertobat tetapi malah bertambah jadi kelakuannya. Bahkan dari Gomer, perempuan sundal itu, Hosea mendapatkan 3 orang anak, dan kemungkinan 2 dari anaknya itu bukanlah anaknya.

Pastilah ada maksud dan tujuan Tuhan ketika menyuruh Hosea menikahi Gomer. Hosea menjadi personifikasi dari Tuhan dan Gomer mewakili bangsa Israel. Kata ‘sundal’ menggambarkan penyimpangan yang meliputi seluruh aspek kehidupan. Itulah sebabnya Hosea juga mengungkapkan hal itu dengan ungkapan yang lebih signifikan lagi, yaitu bahwa roh perzinahan telah menyesatkan Israel. Tindakan Allah menyuruh Hosea menikahi perempuan sundal, menunjukkan sikap Allah terhadap Israel yang melacurkan diri. Allah ingin mengampuni, namun terlebih dahulu dosa harus dihukum. Itu dinyatakan-Nya melalui pemberian nama-nama anak Hosea dari hasil pernikahannya itu. Yizreel berarti Israel akan kalah dan berakhirnya kekuasaan Raja Yehu, Lo-Ruhama: tidak dikasihi, dan Lo-Ami" bukan umat-Ku. Nama Lo Ami adalah puncak kemarahan Allah kepada Israel, karena Israel telah berselingkuh dengan ilah lain. Murka Allah menandakan bahwa Israel bukan lagi umat-Nya dan Ia bukan lagi Allah Israel.

Keluarga Hosea merupakan gambaran dari kehidupan bangsa Israel yang tidak setia kepada Tuhan. Israel telah berselingkuh dengan ilah lain. Namun melalui Hosea, Tuhan menjanjikan adanya pemulihan atas Israel. Kehidupan Israel seringkali juga menggambarkan kehidupan kita yang suka berselingkuh dengan dunia. Meninggalkan Tuhan demi uang, harta, kekuasaan, bahkan kesenangan duniawi. Tetapi ketika kita bertobat maka janji pemulihan Tuhan pasti terjadi.

Pertobatan adalah awal dari pemulihan.

#passionateheintje.blogspot.com
Hosea 1:10 "Tetapi kelak, jumlah orang Israel akan seperti pasir laut, yang tidak dapat ditakar dan tidak dapat dihitung. Dan di tempat di mana dikatakan kepada mereka: "Kamu ini bukanlah umat-Ku," akan dikatakan kepada mereka: "Anak-anak Allah yang hidup."

Pembacaan Setahun BERGEMA:
Tgl. 18 Sept. 2019 : Hosea 1-3

Tonton juga video ini:
Bagaimana hidup dalam ketaatan kepada Tuhan? Temukan jawabannya disini:
https://youtu.be/zSN9NbyAr3U

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT