Devotion 1219 : KANDANG BABI

Devotion 1219 - Dr. Heintje Kobstan
KANDANG BABI
Bacaan: Hosea 3

Apakah yang akan dilakukan jika pasangan kita berselingkuh? Kebanyakan orang mungkin akan meninggalkan atau menceraikan pasangannya itu. Tetapi apa yang dilakukan Hosea malah sebaliknya.  Tuhan menyuruh Hosea untuk kembali menerima Gomer. Gomer telah berselingkuh dan berlaku tidak setia kepada Hosea. Hal ini menggambarkan kasih Tuhan kepada Israel yang telah berselingkuh dengan dewa-dewa bangsa-bangsa.

Ada pepatah, seperti anjing kembali lagi ke muntahnya, dan babi yang mandi kembali lagi ke kubangannya (2Pet.2:22). Begitulah keadaan Gomer yang kembali kepada persundalannya. Gomer tidak mengindahkan pengorbanan Hosea yang telah bersedia menikahinya dan memberikan identitas yang baru kepadanya. Seharusnya Gomer bisa berlaku seperti dalam kisah anak bungsu (Luk.15:12-24). Anak bungsu ini tidak mau selamanya berada dalam kandang babi bahkan untuk makan ampas babi pun ia tidak bisa. Gomer tidak mau keluar dari kandang babi, ia merasa nyaman disana. Demikian juga dengan Israel, Gomer merupakan gambaran Israel yang tidak menghargai kasih Tuhan atasnya. Namun Hosea yang adalah gambaran Tuhan tetap menerima Gomer kembali setelah ia berlaku tidak setia. Seperti Hosea menebus Gomer dengan bayaran 15 syikal perak dan satu setengah homer jelai begitu juga Yesus Kristus telah menebus umat-Nya dengan nyawaNya.

Kandang babi merupakan gambaran akan hidup lama kita. Akankah kita terus berkutat di dalam kandang babi, bau babi, makan ampas babi? Sadarlah dan tinggalkan kandang babi itu! Janganlah kembali lagi ke kandang babi! Bertobatlah dan kembalilah kepada Bapa Surgawi yang selalu menantikanmu.

Janganlah terus hidup dalam kubangan dosa tetapi segeralah bertobat sebelum terlambat.

#passionateheintje.blogspot.com
Hosea 3:1 "Berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Pergilah lagi, cintailah perempuan yang suka bersundal dan berzinah, seperti TUHAN juga mencintai orang Israel, sekalipun mereka berpaling kepada allah-allah lain dan menyukai kue kismis."

Pembacaan Setahun BERGEMA:
Tgl. 24 Sept. 2019 : Amos 4-6

Tonton juga video ini:
Bagaimanakah kesetiaan Tuhan itu? Temukan jawabannya disini:
https://youtu.be/Pj2c217klSo

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT