Devotion 1215 : MENGENAL TUHAN

Devotion 1215 - Dr. Heintje Kobstan
MENGENAL TUHAN
Bacaan: Daniel 11

Setelah 24 hari Daniel berdoa dan berpuasa maka ia pun menerima jawaban doa dari Tuhan. Dalam doanya Daniel berketetapan hati untuk memperoleh pengertian dan merendahkan diri dihadapan Allah. Daniel tidak berdoa untuk kebutuhannya namun ia berdoa agar supaya ia mengenal kehendak Allah untuk bangsanya. Dan ketika ia berdoa didasari firman Tuhan dalam kerendahan hati maka Daniel mendapatkan apa yang dimohonkannya (ps.10:12).

Pengungkapan yang Daniel terima adalah tentang apa yang akan terjadi di masa depan. Mengenai bangkitnya bangsa melawan bangsa yang kemudian mengancam umat Allah. Dan semua yang dilihat oleh Daniel dalam pasal ini maupun pasal berikutnya telah terjadi dalam sejarah. Sebab Tuhan telah menyatakan hal yang benar atau peristiwa yang benar-benar akan terjadi dan memang sudah terjadi dan akan terjadi kemudian. Bahkan dalam pasal ini Daniel telah melihat tentang bagaimana nasib umat Tuhan. Para penguasa berusaha untuk membuat umat Tuhan meninggalkan ikatan perjanjian-Nya, membunuh seorang raja Perjanjian, menajiskan tempat kudus, menghapus ibadah, membuat umat Tuhan murtad bahkan sampai  penganiayaan terhadap umat Tuhan. Hal ini telah terjadi, sedang terjadi dan akan terjadi tetapi hanya umat Tuhan yang mengenal Tuhan akan tetap kuat dan bertindak (ay.32).

Umat Tuhan harus mengenal (=Ibr. Yada) Allahnya bukan hanya sekedar mengetahui. Mengenal artinya bukan hanya sekedar pengetahuan teologis tetapi kita harus mengalami Tuhan melalui hubungan yang intim, erat dan melekat. Menghidupi firman Tuhan adalah salah satu cara untuk mengalami Tuhan dalam hidup ini. Hanya umat Tuhan yang mengenal Tuhan yang akan tetap kuat dalam menghadapi setiap tantangan kehidupan.

Salah satu cara untuk mengenal dan mengalami Tuhan dalam kehidupan ini adalah dengan menghidupi firman-Nya.

#passionateheintje.blogspot.com
Daniel 11:32 "Dan orang-orang yang berlaku fasik terhadap Perjanjian akan dibujuknya sampai murtad dengan kata-kata licin; tetapi umat yang mengenal Allahnya akan tetap kuat dan akan bertindak."

Pembacaan setahun BERGEMA:
Tgl. 07 Sept. 2019 : Yeh. 25 - 27

Tonton juga video ini:
Bagaimana hidup dalam kehendak Allah? Temukan jawabannya disini:
https://youtu.be/R9cvaONY44E

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT