Devotion 1218 : TINGGALKANLAH SELINGKUHANMU

Devotion 1218 - Dr. Heintje Kobstan
TINGGALKANLAH SELINGKUHANMU
Bacaan: Hosea 2

Kasus perselingkuhan begitu deras melanda pernikahan. Perselingkuhan ini bahkan juga terjadi di kalangan umat Tuhan. Hal ini juga melanda kehidupan pernikahan Hosea. Gomer, istrinya sebelum dinikahi Hosea berprofesi sebagai perempuan sundal. Seharusnya setelah dinikahi oleh Hosea, dia merasa aman dan terlindungi. Gomer tidak bertobat malah setelah menikah ia tetap melakukan persundalan. Gomer tidak merasakan kepuasan dalam pernikahan sehingga ia kembali bersundal.

Tuhan menyatakan kepada Hosea bahwa negeri itu telah bersundal hebat dengan membelakangi Tuhan. Hosea dan Gomer melambangkan persundalan yang dilakukan oleh bangsa Israel. Sebagaimana istri Hosea terbukti tidak setia kepadanya, demikian juga Israel tidak setia kepada Tuhan. Israel telah melakukan perzinaan spiritual. Perzinaan spiritual adalah bahasa kiasan yang diambil dari agama pemujaan kesuburan Kanaan, dengan pelacuran dalam ritualnya. Israel telah ditolak oleh Tuhan. Bahkan firmanNya berkata, "Adukanlah ibumu, adukanlah, sebab dia bukan istri-Ku..." "Adukanlah" merupakan istilah hukum untuk menggugat seseorang dengan pengaduan dan celaan. Bangsa itu adalah istri dan ibu; orang Israel secara pribadi adalah anak-anak yang telah berbalik kepada penyembahan berhala. Mereka harus bertobat dan meninggalkan "para kekasih" (ay.4), yaitu berbagai dewa Kanaan. Bertobatlah dan kembalilah dalam pelukan Tuhan.

Rasa tidak puas telah membuat Gomer bersundal kembali, begitu juga dengan Israel. Walau demikian Hosea tidak meninggalkan Gomer, begitu juga Tuhan terhadap Israel. Hal ini membuktikan bahwa Tuhan tetap mengasihi umat-Nya dan menantikan pertobatan mereka. Tuhan akan melakukan cara apapun agar umat-Nya berbalik kembali pada-Nya. Bahkan jika perlu Ia akan memukul mereka sampai babak belur agar sadar dan bertobat.

Jika masalah datang bertubi-tubi, mungkin itulah saatnya engkau bertobat dan kembali kepada jalan Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
Hosea 2:13 "Dan Aku akan menghukum dia karena hari-hari ketika dia membakar korban untuk para Baal, berhias dengan anting-antingnya dan kalungnya, dan mengikuti para kekasihnya dan melupakan Aku," demikianlah firman TUHAN."

Pembacaan Setahun BERGEMA:
Tgl. 22 Sept. 2019 : Yoel 1-3

Tonton juga video ini:
Bagaimana caranya agar kita memiliki pikiran Kristus? Temukan jawabannya disini:
https://youtu.be/yHtdn7KYtu8

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT