Devotion 1205 : IDENTITAS

Devotion 1205 - Dr. Heintje Kobstan
IDENTITAS
Bacaan: Daniel 1

Pada tahun pertama pemerintahan Nebukadnezar, raja Babel atau tahun ketiga pemerintahan Yoyakim, raja Yehuda, Yerusalem jatuh ketangan Babel. Nebukadnezar menawan orang Israel dan juga menjarah Bait Allah, semuanya itu dibawa ke Babel. Raja menyuruh memilih dari para tawanan itu anak-anak muda yang sehat dan terdidik. Mereka akan dilatih dan dididik dengan cara Kasdim agar supaya dapat bermanfaat bagi Babel. Diantara yang terpilih terdapatlah nama Daniel, Hananya, Misael dan Azarya. Kemudian mereka diberi nama sesuai dengan dewa-dewa bangsa Kasdim.

Sebagai orang-orang yang akan dimanfaatkan oleh Babel, tentunya semangat nasionalisme mereka harus dihancurkan. Bagaimana caranya? Dengan cara mengganti identitas mereka melalui nama dan mendidik mereka dengan cara Kasdim. Bahkan makanan mereka diambil dari meja raja. Nebukadnezar berusaha untuk menghilangkan identitas mereka sebagai bangsa Israel. Apakah Daniel dan kawan-kawan setuju dengan apa yang dilakukan raja Nebukadnezar? Mereka tidak menolak nama pemberian raja. Mereka juga menjalani pendidikan yang diberikan. Namun ketika harus mengubah gaya hidup dengan menyantap makanan raja, mereka menolak! Mereka tahu bahwa santapan itu telah dipersembahkan terlebih dulu kepada sesembahan Babel. Dan itu bertentangan dengan iman mereka!

Daniel dan teman-teman telah berketetapan hati untuk tidak menajiskan diri dengan santapan raja. Mereka berani untuk mempertahankan kehidupan kudus. Bahkan dengan berani berkata, "adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini...". Dunia sedang berusaha untuk mengubah identitas orang percaya. Identitas ini akan sangat mempengaruhi pola pikir, tindakan dan perkataan kita. Siapa kita ditentukan oleh identitas rohani yang kita miliki. Walau raja Nebukadnezar berusaha mengubah identitas mereka namun iman mereka telah berakar kuat kepada Tuhan.

Berakarlah kuat ke bawah dan bertumbuhlah ke atas agar supaya dunia tidak dapat memisahkanmu dari Kristus Yesus.

#passionateheintje.blogspot.com
Daniel 1:8 "Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja dan dengan anggur yang biasa diminum raja; dimintanyalah kepada pemimpin pegawai istana itu, supaya ia tak usah menajiskan dirinya."

Pembacaan setahun BERGEMA:
Tgl. 30 Juli 2019 : Yesaya 31 -33

Silahkan ditonton juga:
Identitas yang baru telah diberikan kepada orang percaya, menjadi umat Allah dan Yesus menjadi Raja atas umat-Nya....
https://youtu.be/IQ35Up-JMz0

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT