Devotion 1202 : KEKUDUSAN

Devotion 1202 - Dr. Heintje Kobstan
KEKUDUSAN
Bacaan: Yehezkiel 46

Perintah Tuhan agar pintu gerbang timur yang menuju ke pelataran Bait Allah tetap tertutup selama 6 hari kerja. Pintu gerbang itu hanya akan dibuka pada saat Sabat atau permulaan bulan baru. Pintu gerbang itu tidak dibuka sembarangan. Raja akan memasukinya dan beribadah di ambang pintunya, yang dari situ dia bisa melihat kurban di mezbah. Di sebelah luar pintu gerbang itu, umat akan beribadah. Melalui imam, raja akan mempersembahkan kurban bakaran, kurban sajian, dan kurban pilihan.

Mengapa pintu gerbang timur harus tetap tertutup dan hanya dibuka saat hari Sabat dan permulaan bulan baru? Ibadah Israel dalam era baru adalah merayakan kekudusan dan kemurahan Allah. Allah yang memulihkan mereka adalah Allah yang Maha Kudus, yang tidak boleh diperlakukan sembarangan. Akses menghadap Dia tetap tertutup. Berarti umat harus menjunjung tinggi kekudusanNya. Pada saat itu, akses itu diberikan hanya pada hari Sabat dan permulaan bulan baru. Kekudusan adalah hal yang mutlak yang harus dimiliki dalam menghadap Allah. Umat Allah yang harus mengupayakan kekudusan bagi dirinya sendiri. Mereka harus menaati hukum-hukum peribadatan yang begitu ketat. Juga tata peribadatan diatur sedemikian rupa antara raja, rakyat dan imam. Namun hari ini, kita bersyukur sebagai orang percaya bahwa kita tidak lagi hidup seperti di jaman Israel kuno. Sekalipun hukum peribadatan tetap ada dan mengatur agar semuanya berjalan tertib namun semuanya berdasar pada kemurahan Allah semata.

Hari ini, kita harus bersyukur bahwa Yesus Kristus telah menggenapi hukum Taurat sehingga setiap yang percaya padaNya hidup dalam anugerah. Kekudusan bukan lagi karena upaya manusia tetapi merupakan anugerah Tuhan. Saat kita percaya pada Yesus dan bertobat maka Ia telah mengaruniakan kekudusan itu. Sehingga dengan kekudusan itu, kita dapat menghadap Tuhan setiap saat.

Kekudusan adalah anugerah Tuhan sehingga kita bisa beribadah padaNya setiap saat.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 46:1 "Beginilah firman Tuhan ALLAH: Pintu gerbang pelataran dalam yang menghadap ke sebelah timur haruslah tertutup selama enam hari kerja, tetapi pada hari Sabat supaya dibuka; pada hari bulan baru juga supaya dibuka."

Pembacaan setahun BERGEMA:
Tgl. 25 Juli 2019 : Yesaya 16-18

Silahkan ditonton juga:
https://youtu.be/LuTR0a4s7pM

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT