Devotion 1203 : SUNGAI KEHIDUPAN

Devotion 1203 - Dr. Heintje Kobstan
SUNGAI KEHIDUPAN
Bacaan: Yehezkiel 47

Yehezkiel diperlihatkan Tuhan sebuah sungai yang membawa kehidupan. Sungai itu bermula dari bawah ambang pintu gerbang Bait Suci sebelah timur, yang melintasi sebelah selatan mezbah dan sebelah selatan pintu gerbang luar sebelah timur. Air itu semakin bertambah tinggi setiap seribu hasta. Seribu hasta dari pintu gerbang itu, kedalaman airnya mencapai pergelangan kaki (ay. 3), tetapi dalam 4.000 hasta (= 2 Km) telah terbentuk sebuah sungai (nahal), yang cukup dalam untuk berenang (ay. 4, 5). Ini merupakan suatu keajaiban karena air ini bisa menjadi sungai hanya karena satu sumber mata air.

Keajaiban lainnya adalah agar air dapat mengalir dari Yerusalem ke Lembah Yordan, air itu harus mengalir turun ke Lembah Kidron, lalu naik ke Bukit Zaitun, kemudian melintasi beberapa lembah dan gunung. Jelas bahwa air tidak dapat mengalir naik, maka hal tersebut hanya dimungkinkan oleh karya ilahi. Keajaiban berikutnya adalah kemana air sungai itu mengalir mengakibatkan terjadinya kehidupan. Disepanjang aliran sungai tumbuh pohon-pohon yang buahnya menjadi makanan dan daunnya menjadi obat. En-Gedi dan En-Eglaim adalah dua wilayah permukiman di tepi Laut Mati, tempat di mana selama lebih dari 10.000 tahun terakhir masyarakatnya hidup dari bertambak garam. Tetapi mereka akan menjadi nelayan dan hidup makmur karena banyaknya ikan. Air laut asin menjadi tawar karenanya tetapi rawa-rawa dan paya-payanya tidak menjadi tawar karena menjadi tempat mengambil garam. Semuanya ini terjadi karena bermula dari sumber air yang keluar dari Bait Suci.

Dalam PB, setiap orang percaya dalam Yesus maka hidupnya adalah Bait Suci karena Roh Allah berdiam di dalamnya. Dan kata Yesus, "..dari dalam hatinya mengalir aliran-aliran air hidup" (Yoh. 7:38). Sumber air kehidupan itu telah ada dalam hati kita. Maka berarti hidup kita adalah sumber kehidupan bagi sekitar kita. Sudahkah hidup kita menjadi sungai kehidupan yang memberi kehidupan dimana kita berada?

Dalam hati orang percaya kepada Yesus akan mengalir keluar aliran-aliran air kehidupan.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 47:6 "Lalu ia berkata kepadaku: "Sudahkah engkau lihat, hai anak manusia?" Kemudian ia membawa aku kembali menyusur tepi sungai."

Pembacaan setahun BERGEMA:
Tgl. 26 Juli 2019 : Yesaya 19-21

Silahkan ditonton juga:
Adakah engkau telah menyatakan kemuliaan Tuhan melalui kehidupanmu? Temukan jawabannya disini:
https://youtu.be/P1o9dBA9A3U

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT