Devotion 1204 : TUHAN HADIR DISITU

Devotion 1204 - Dr. Heintje Kobstan
TUHAN HADIR DISITU
Bacaan: Yehezkiel 48

Tuhan mengingatkan kembali akan batas-batas tanah dan pengaturan pembagian bagi suku-suku Israel. Pembagian ini menunjukkan tentang keberadaan Israel sebagai bangsa yang dipanggil menjadi saksi bagi semua bangsa. Kota ini memiliki dua belas pintu keluar yang diberi nama menurut 12 suku. Pemilihan kata “pintu keluar” bukan “pintu gerbang” atau “pintu masuk” menunjukkan bahwa kota ini berorientasi keluar: orang akan keluar dari kota itu, berkat TUHAN dan kemuliaan TUHAN juga akan terpancar keluar dari kota itu.

Wilayah umat Israel dibagi menjadi dua bagian yang tidak simetris: tujuh suku di utara dan lima suku di selatan (ay. 23-29). Ini menunjukkan bahwa, bagi Israel, berada "di tengah-tengah" bukan dilihat dari segi geografis (pembagian enam-enam), melainkan teologis. Titik pusat kehidupan bangsa adalah Bait Suci. Di mana ada Bait Suci, di situlah Allah berdiam di tengah-tengah umat-Nya. Yehova Sham (Yahweh Shammah) berarti TUHAN hadir disitu menunjukkan bahwa masa Allah meninggalkan Bait Suci yang tercemar dosa (pasal 7-11) telah berakhir. Allah telah kembali! Nama baru itu merefleksikan kehadiran Allah di tengah-tengah umat-Nya di kota "sekular", tempat bekerja dan bertani, tempat interaksi sosial berbagai lapisan masyarakat terjadi.

Kitab Yehezkiel berakhir dengan janji agung bahwa pada suatu hari Allah akan hidup selama-lamanya bersama umat-Nya, sebuah janji yang diulangi dalam Wahyu 21:3-4. Inilah berkat terbesar bagi kita sebagai umat Allah ialah adanya Allah di tengah-tengah kita; inilah hakikat sukacita dan kebahagiaan sejati. Dialah Yesus Kristus, yang berdiam (shekinah) ditengah umat-Nya.

Adalah suatu anugerah ketika Tuhan ada berdiam dan menyertai kehidupan umat-Nya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 48:35 "Jadi keliling kota itu adalah delapan belas ribu hasta. Sejak hari itu nama kota itu ialah: TUHAN HADIR DI SITU."

Pembacaan setahun BERGEMA:
Tgl. 28 Juli 2019 : Yesaya 25-27

Silahkan ditonton juga:
Bagaimana jika kemuliaan Tuhan berdiam ditengah umatNya? Temukan jawabannya disini:
https://youtu.be/r3N2NRtyOWw

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT