Devotion 1198 : KAMU ITU SOK SUCI

Devotion 1198 - Dr. Heintje Kobstan
KAMU ITU SOK SUCI!
Bacaan: Yehezkiel 42

Daerah Bait Suci, seperti yang digambarkan oleh Yehezkiel, terdiri dari tiga alas, yang pada alas tertinggi, menghadap ke timur, berdirilah Bait Suci dengan ruangan-ruangan tambahannya, pelataran Bait Suci, dan bangunan besar tepat di belakangnya. Di alas tengah ada dapur dan kamar-kamar bagi para imam, pelatarannya berisi mezbah kurban bakaran, dan pelataran dalam dengan tiga jalan masuk yang megah. Alas terendah, yang dikelilingi oleh tembok luar, berisi pelataran luar dengan tiga jalan masuk dan dapur serta kamar-kamar untuk umat.

Dalam penglihatan Yehezkiel, untuk menjaga kudusnya pelayanan kepada Allah, para imam juga mendapat tempat khusus bagi mereka, yakni bilik-bilik kudus, yang letaknya di pelataran luar sama dengan bilik-bilik bagi umat (Yeh. 40:17). Kegunaan bilik-bilik bagi imam itu, dijelaskan oleh utusan Tuhan kepada Yehezkiel pada ay. 13-14, yakni sebagai tempat untuk memakan persembahan mahakudus dan untuk menaruh berbagai kurban persembahan. Di dalam bilik ini pula pakaian keimaman harus ditanggalkan sebelum seorang imam keluar menuju pelataran tempat umat. Pengaturan ini untuk mengingatkan para imam agar memelihara kesucian wilayah kudus dari Bait Suci, bersama-sama dengan umat. Lingkungan Bait Allah dibatasi oleh tembok untuk memisahkan apa yang ada didalam dengan yang diluar, yaitu dari yang kudus dan yang tidak kudus. Setiap manusia dipanggil untuk hidup dalam kekudusan. Kekudusan adalah dipisahkan dari dunia untuk menjadi milik TUHAN melalui Yesus Kristus. Di mata Tuhan itu adalah sesuatu yang indah, yang harusnya diinginkan oleh semua orang, karena itulah sesungguhnya yang diajarkan oleh Yesus sendiri (Mat 5:48). 

Kekudusan adalah kehendak Allah untuk kita semua (1Tes 4:3, Ef 1:4; 1Pet 1:16) walaupun kita mempunyai jalan dan status kehidupan yang berbeda-beda. Kekudusan bukan berarti kita hidup sok suci, alim, tidak bergaul dengan orang lain yang tak seiman. Tetapi kita semua, dipanggil untuk hidup kudus dengan menerapkan kasih kepada Tuhan dan sesama (Mat 22:37-39; Mrk 12:30-31), sehingga kita mencapai ktepenuhan hidup dalam Kristus.

Hidup dalam kekudusan adalah kehendak Allah bagi orang Kristen.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 42:20 "Keempat sisinya diukur. Sekeliling lingkungan itu ada tembok: panjangnya lima ratus hasta dan lebarnya lima ratus hasta, untuk memisahkan yang kudus dari yang tidak kudus."

Pembacaan setahun BERGEMA:
Tgl. 21 Juni 2019 : Mazmur 91-95

Silahkan ditonton juga:
https://youtu.be/17tbDmZ_Alg

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT