Devotion 1192 : KEDIAMAN ROH KUDUS

Devotion 1192 - Dr. Heintje Kobstan
KEDIAMAN ROH KUDUS
Bacaan: Yehezkiel 36

Hasrat manusia untuk memiliki, menguasai, bahkan sampai menjarah tidak pernah pudar. Semua itu adalah demi kekuasaan belaka. Hal ini terjadi turun temurun bahkan menjadi besar jika hasrat itu menguasai satu bangsa. Dalam pasal ini, diungkapkan tentang keinginan Edom untuk menguasai atau memiliki gunung-gunung Israel. Bahkan mereka yang berada di Babel menangis karena mendengar dan melihat tanah mereka dilalap habis oleh musuh yang bengis. Sebab bagi Israel, tanah adalah sesuatu yang amat kudus dan tak seorangpun di luar Israel layak untuk mendapatkannya.

Tanah Israel mengandung unsur rohani yang begitu dalam sebab tanah Palestina adalah tanah Allah sendiri. Karena itulah tanah ini kudus: bukan karena pada dirinya sendiri tanah itu kudus, tapi karena Allah yang kudus memberikannya kepada Israel dan hadir di sana. Ayat 16-21, Waktu kekudusan tanah dilanggar, kekudusan Allah dilanggar pula. Kenajisan Israel digambarkan seperti wanita sehabis menstruasi, menyebabkan Allah murka dan menarik berkah-Nya. Tanah itu tiada lagi dapat didiami. Bangsa Israel tersebar ke mana-mana. Karena itu demi memulihkan nama TUHAN yang telah dinajiskan dibangsa-bangsa dan juga telah dinajiskan ditengah-tengah Israel sendiri maka TUHAN akan memulihkan kembali kekudusanNya. Pemulihan kembali kekudusan TUHAN ditandai dengan pemulihan umatNya. Tuhan akan memulihkan mereka dengan memberikan hati yang baru dan roh yang baru. Roh Tuhan akan berdiam dalam batin umatNya dan UmatNya hidup dalam ketetapanNya.

Bukankah hal ini merupakan sesuatu yang dahsyat? Ketika umat Tuhan dipulihkan maka Roh Allah akan berdiam didalam diri mereka. Hal ini sesuai dengan janji Yesus Kristus, yaitu ketika Ia naik kesorga maka Ia akanì memberikan Roh Kudus kepada umatNya. Saat umatNya menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, bertobat, lahir baru  maka roh manusia dipulihkan sempurna agar supaya menjadi tempat Roh Allah berdiam. Oleh karena itu berilah dirimu dipenuhi Roh Allah sehingga engkau dapat memahami dan melakukan kehendak Allah dalam hidupmu.

Kelahiran baru merupakan syarat agar Roh Allah berdiam dalam batin umatNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 36:27 "Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya."

Pembacaan setahun BERGEMA:
Tgl. 2 Juni 2019: Ayub 37-39

Silahkan ditonton juga:
https://youtu.be/ER74Vj01mqI

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT