Devotion 1197 : BUKAN HANYA SEKEDAR GAMBAR

Devotion 1197 - Dr. Heintje Kobstan
BUKAN HANYA SEKEDAR GAMBAR
Bacaan: Yehezkiel 41

Menurut penemuan Bait Suci abad ke-8 di Tell Tainat di Siria dan Bait Suci Kanaan yang baru digali di Hazor memiliki tiga bagian yaitu balai gerbang, ruang besar, dan ruang dalam, yang mirip dengan pengaturan dalam bangunan Salomo dan Yehezkiel. Bait Suci Yehezkiel terdiri 3 bagian: bagian depan, disebut "balai" (40:48-49); bagian tengah, "ruang besar" (41:1-2); bagian belakang, "ruang dalam," yang oleh malaikat pengantar Yehezkiel disebut sebagai "tempat mahakudus" (ay. 3-4). Konstruksi ini serupa dengan konstruksi Bait Suci Salomo.

Penglihatan tentang Bait Suci dialami Yehezkiel pada tahun 573 SM, dua puluh lima tahun setelah pembuangan dirinya dimulai. Tujuannya ialah memberi semangat kepada bangsa itu bahwa kemuliaan Allah akan dipulihkan sama sekali pada masa yang akan datang, sehingga menghasilkan pengurapan dan berkat yang akan bertahan selama-lamanya. Penglihatan Yehezkiel sangat detail sampai kepada ruang mahakudus (ayat 3-4), yakni ruang tempat Allah bersemayam. Dinding-dinding Bait Suci didekorasi dengan ukiran-ukiran gambar kerub dan pohon kurma (ay.17-20). Motif ukiran ini serupa dengan yang ada di dalam Bait Suci Salomo (1Raj. 6:29- 36). Gambar-gambar itu bukan hanya sekedar hiasan tetapi melambangkan harapan hidup dan kemakmuran (pohon kurma) serta keamanan (kerub). Bagi umat Israel, Allah bersemayam di dalam Bait Suci adalah sumber dari dual hal ini. Alkitab menyatakan bahwa hidup kita adalah Bait Allah dan Allah berdiam di Bait-Nya. Jika Allah ada di Bait-nya maka hidup kita akan penuh pengharapan dan pemeliharaan serta  perlindungan.

Bahwa Allah berdiam dalam hidup umat-Nya merupakan suatu jaminan akan hidup yang penuh pengharapan dan pemeliharaan serta perlindungan. Karena itu hiduplah dalam kekudusan sebab Allah itu kudus. Manusia tidak dapat menguduskan dirinya sendiri tetapi kekudusan itu berasal dari Allah. Pada jaman Israel kuno, kekudusan didapat melalui pengorbanan binatang. Namun kekudusan sejati hanya melalui karya Yesus Kristus di kayu salib. Ketika kita menerima Yesus Kristus maka hidup kita dibenarkan dan dikuduskan. Hal yang mendasari bagi kita untuk layak menjadi Bait Allah adalah pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib.

Pengorbanan Kristus telah memulihkan dan menguduskan hidup ini untuk menjadi tempat kediaman Allah.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 41:18 "...gambar-gambar kerub dan pohon-pohon korma, di antara dua kerub sebatang pohon korma, dan masing-masing kerub itu mempunyai dua muka."

Pembacaan setahun BERGEMA:
Tgl. 20 Juni 2019 : Mazmur 86-90

Silahkan ditonton juga:
https://youtu.be/lJRs--sklys

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT