Devotion 1196 : PEMULIHAN ITU PASTI

Devotion 1196 - Dr. Heintje Kobstan
PEMULIHAN ITU PASTI
Bacaan: Yehezkiel 40

Penglihatan tentang Bait Suci dialami Yehezkiel pada tahun 573 SM, empat belas tahun sesudah Yerusalem jatuh dan dua puluh lima tahun setelah pembuangan dirinya dimulai. Apakah tujuan dari penglihatan itu? Penglihatan itu bertujuan untuk memberi semangat kepada bangsa itu bahwa kemuliaan Allah akan dipulihkan sama sekali pada masa yang akan datang, sehingga menghasilkan pengurapan dan berkat yang akan bertahan selama-lamanya.

Ketika Yehezkiel mengenang kembali hari terjadinya tragedi tersebut (bdk. 2Taw. 36:10), ia mendapatkan penglihatan baru. Ia dibawa kembali ke tanah Israel, ke sebuah gunung yang tinggi. Dari situ ia melihat sesuatu yang menyerupai "kota" (ay. 2- 3a). "Kota" yang dilihat Yehezkiel ternyata bukan Yerusalem, melainkan bangunan Bait Suci (ay. 5). Bentuk Bait Suci ini tidak sama dengan Bait Suci Salomo, yang telah dihancurkan oleh pasukan Nebukadnezar. Bait Suci yang baru ini dikelilingi oleh tembok, yang tingginya 6 hasta dan tebalnya 6 hasta (1 hasta kurang lebih setara dengan 0,5 meter). Dalam penglihatannya terdahulu, Yehezkiel menyaksikan bagaimana kemuliaan Allah pergi meninggalkan Bait Suci melalui pintu gerbang timur (Yeh. 10:19). Kali ini, bagian pertama Bait Suci yang diperlihatkan kepadanya adalah pintu gerbang yang sama (ayat 6). Dari tempat yang sama, Tuhan yang pernah pergi, akan hadir kembali ke tengah-tengah umat-Nya. Penglihatan ini sekaligus menegaskan bahwa pemulihan selalu datang dari pihak Tuhan.

Hari ini kita belajar bahwa Tuhan tidak berdiam diri ketika melihat keterpurukan Israel dipembuangan. Penghiburan Tuhan datang setelah empat belas tahun Israel jatuh dan dua puluh lima tahun Yehezkiel dibuang. Bagi kita mungkin terlalu lama bagi Tuhan untuk menjawab doa kita. Ini adalah pelajaran karakter untuk bersabar menanti janji Tuhan digenapi. Bahwa janji pemulihan itu pasti akan terjadi bagi mereka yang imannya tidak tergoyahkan dalam penantian.

Janji pemulihan Tuhan pasti akan terjadi kepada mereka yang beriman sungguh padaNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 40:2 "...dalam penglihatan-penglihatan ilahi ke tanah Israel dan menempatkan aku di atas sebuah gunung yang tinggi sekali. Di atas itu di hadapanku ada yang menyerupai bentuk kota."

Pembacaan setahun BERGEMA:
Tgl. 14 Juni 2019 : Mazmur 56-60

Silahkan ditonton juga:
https://youtu.be/NeB246dUVOI

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT