Devotion 1195 : TERPELIHARA SECARA AJAIB

Devotion 1195 - Dr. Heintje Kobstan
TERPELIHARA SECARA AJAIB
Bacaan: Yehezkiel 39

Gog,  raja Magog dari negeri Mesekh dan Tubal merupakan ancaman bagi kedamaian Israel. Karena keserakahan Goh dan negara-negara sekutunya maka mereka bergerak dari negeri yang jauh menuju Israel. Mereka datang bagaikan awan (38:9, 16) yaitu Gog dari tanah Magog, dan sekutunya, Rosh, Mesekh, dan Tubal (38:2, 3), dari bagian yang paling jauh (38:15; 39:2), bersama dengan Persia, Etiopia, dan Put (38:5), dan Gomer serta Bet-Togarma, bersama bala tentara dari utara (38:6). Apakah Tuhan akan berdiam diri? Tidak! Sebab Tuhanlah yang menjadi pagar berapi dan benteng perlindungan bagi Israel. Gog dan sekutunya datang karena panggilan Tuhan dengan maksud agar seluruh bumi mengetahui kekudusan Tuhan.

Walau Gog dan sekutunya datang untuk menyerang Israel, tetapi Israel tetap akan terpelihara secara ajaib karena Tuhan. Sebaliknya bala tentara Gog dihancurkan oleh gempa bumi, perkelahian sesama kawan, penyakit, hujan lebat, api, dan belerang (38:19-22), juga kegagalan dalam pertempuran (39:3, 4). Persenjataan mereka yang dibuang akan menjadi bahan bakar bagi Israel selama tujuh tahun (ay.9,10). Diperlukan waktu tujuh bulan untuk mengubur mayat-mayat mereka (ay.11-15), dan juga tubuh dan darah mereka akan menjadi santapan bagi burung dan binatang buas (ay.17-20). Hasil pertempuran ini adalah bahwa bangsa-bangsa akan tahu bahwa Allah adalah Tuhan (38:16) sementara Israel tidak akan pernah meragukan perlindungan Allahnya (39:22; bdg. 39:25-29). Bahkan Tuhan dengan terang-terangan menyatakan bahwa diri-Nya yang mencurahkan Roh Kudus bagi yang mengasihi-Nya. Gog dan sekutunya adalah pelajaran tentang penghukuman Tuhan bagi mereka yang bersepakat untuk mengambil secara paksa apa yang Tuhan telah berikan kepada umat-Nya.

Karena itu, janganlah takut terhadap ancaman musuh ataupun kuasa jahat yang mau menawan ataupun mengambil apa yang bukan menjadi hak milikNya. Tetapi serahkanlah hidupmu dan seluruh yang kau miliki pada Tuhan, maka Tuhanlah yang akan menjadi tembok berapi dan benteng perlindunganmu. Bagi Gereja atau Umat Tuhan yang menderita di tangan penganiaya yang paling kejam sekalipun, pasal ini berisi janji pembebasan Allah. Dan secara apokaliptik kemenangan akhir dari Mesias pada akhir zaman juga tersirat dalam pasal ini.

Tuhanlah yang akan menjadi tembok berapi dan benteng perlindungan bagi kehidupan orang percaya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 39:7 "Dan Aku akan menyatakan nama-Ku yang kudus di tengah-tengah umat-Ku Israel dan Aku tidak lagi membiarkan nama-Ku yang kudus dinajiskan, sehingga bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Yang Mahakudus di Israel."

Pembacaan setahun BERGEMA:
Tgl. 11 Juni 2019: Mazmur 41-45

Silahkan ditonton juga:
https://youtu.be/hqPRKKrHSMg

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT