Devotion 1194 : KETAMAKAN

Devotion 1194 - Dr. Heintje Kobstan
KETAMAKAN
Bacaan: Yehezkiel 38

Yehezkiel disuruh Tuhan untuk bernubuat melawan Gog di tanah Magog, yaitu raja negeri agung Mesekh & Tubal. Gog adalah raja negeri Magog dan pimpinan tertinggi negeri Mesekh dan Tubal. Dalam Kej 10:2, Magog, Mesekh, dan Tubal adalah nama putra-putra Yafet. Negeri-negeri ini mungkin terletak jauh di sebelah utara Israel (Yeh 38:6,15; 39:2). Di dalam pasal ini Yehezkiel menggambarkan suatu persekutuan antar bangsa yang akan mengadakan serangan akhir atas Israel setelah pemulihan mereka ke negeri asalnya. Pasal 38 dan 39 bersifat apokaliptis atau masa depan.

Ketika Israel telah berada dalam keadaan aman dan tentram dan tinggal di kota-kota yang tak bertembok dan tanpa persenjataan untuk bertahan. Maka persekutuan negara-negara ini bersepakat maju untuk merampok dan menjarah negeri ini yang telah makmur (ay.11-12). Gog dan tentaranya serta banyak bangsa yang mengiringinya akan datang menyerang seperti badai dan menutupi seluruh negeri seperti awan. Tuhan berkata bahwa semua rencana Gog dan sekutunya telah disampaikan kepada hamba-gambarnya jauh sebelum peristiwa ini terjadi (ay.17). Mengapa  Tuhan dengan sengaja memaksa Gog dari Magog untuk melawan Allah (ay. 3-4). Dengan gamblang Yehezkiel menyebutkan bahwa usaha musuh untuk menghancurkan umat Allah sesungguhnya merupakan cara Allah untuk menunjukkan kekudusanNya (ay.16). Sehingga dengan demikian bangsa-bangsa akan mengetahui kebesaran dan kekudusan-Nya dan mereka juga akan mengetahui bahwa Dialah TUHAN.

Pelajaran hari ini adalah seringkali manusia mengalami masalah karena ketamakan mereka. Seperti Gog dan negara-negara persekutuannya yang tertarik pada emas, perak dan harta benda Israel (ay.12-13). Karena itu, Tuhan harus menghukum mereka dan menyatakan kekudusan-Nya. Ketamakan akan membawa manusia menjadi musuh Tuhan. Ketamakan adalah pemujaan kepada Mamon yang menghalangi manusia untuk datang menyembah Tuhan yang adalah sumber dari kehidupan.

Ketamakan adalah penghalang manusia untuk menyembah Tuhan yang adalah sumber kehidupan.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 38:13 "Negeri Syeba dan Dedan beserta pembeli-pembeli barangnya, negeri Tarsis beserta pedagang-pedagangnya akan berkata kepadamu: Apakah engkau datang untuk merampas dan mengumpulkan sekutumu untuk menjarah, untuk mengangkut perak dan emas, untuk melarikan ternak dan harta benda dan untuk melakukan perampasan yang hebat sekali?"

Pembacaan setahun BERGEMA:
Tgl. 9 Juni 2019: Mazmur 31-35

Silahkan ditonton juga:
https://youtu.be/zv-3FGR2V3Y

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT