Devotion 1193 : PERKATAKANLAH FIRMAN

Devotion 1193 - Dr. Heintje Kobstan
PERKATAKANLAH FIRMAN
Bacaan: Yehezkiel 37

Ketika umat Tuhan jauh dari Tuhan maka mereka juga akan jauh dari pengharapan. Pengharapan akan membawa semangat untuk hidup dan berkarya. Namun ketiadaan pengharapan akan mengeringkan tulang. Hal ini terjadi bagi orang Israel, mereka tidak menaati firman Tuhan bahkan hidup meninggalkan Tuhan. Akibatnya kehidupan mereka penuh kesengsaraan dan pengharapan mereka pudar. Pasal ini menceritakan Yehezkiel dibawa oleh Tuhan ke suatu lembah, disitu berserakan tulang-tulang orang Israel. Apa maksud Tuhan memperlihatkan tulang-tulang itu kepada Yehezkiel?

Tulang-tulang tersebut melambangkan "seluruh kaum Israel" (ay.11), yaitu Israel dan Yehuda dalam pembuangan, yang harapannya telah punah ketika tersebar di antara orang asing. Allah memerintahkan Yehezkiel untuk bernubuat kepada tulang-tulang itu (ay.4-6). Hal ini terjadi karena kasih karunia Tuhan atas Israel bukan karena berkompromi dengan dosa-dosa mereka. Karena kasih karunia, maka Tuhan menghidupkan kembali tulang-tulang Israel. Seperti buluh yang terkulai tak akan dipatahkan, seperti sumbu yang pudar nyalanya tak akan dipadamkan demikian juga dengan tulang-tulang Israel akan dibangkitkan kembali. Kebangkitan ini berbicara tentang pengharapan akan kembalinya Israel sebagai suatu bangsa yang kelak akan dipimpin oleh raja Daud melalui keturunannya yaitu Yesus Kristus dan juga kebangkitan umat Tuhan di akhir zaman karena kuasa Roh Kudus. Roh Kudus akan menggerakan umat Tuhan sebagai suatu tentara yang besar untuk menggenapi kehendak Tuhan.

Ketika Yehezkiel bernubuat, yaitu menyampaikan firman Tuhan yang berkuasa maka firman Tuhan yang disampaikan telah membangkitkan tulang-tulang kering Israel. Ini merupakan gambaran akan kembalinya semangat yang telah patah bagi Israel di pembuangan. Hal yang sama akan terjadi ketika umat Tuhan dengan yakin mengucapkan firman Tuhan maka kehidupan dan kebangkitan akan terjadi baik untuk pribadi, keluarga, masyarakat bahkan bangsa ini.

Firman Tuhan berkuasa untuk membangkitkan kehidupan yang tiada berdaya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 37:4 "Lalu firman-Nya kepadaku: "Bernubuatlah mengenai tulang-tulang ini dan katakanlah kepadanya: Hai tulang-tulang yang kering, dengarlah firman TUHAN!"

Pembacaan setahun BERGEMA:
Tgl. 4 Juni 2019: Mazmur 1-7

Silahkan ditonton juga:
https://youtu.be/ec6qvuuH254

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT