Devotion 1228 : PENGALAMAN ROHANI BUKANLAH LANDASAN

Devotion 1228 - Dr. Heintje Kobstan
PENGALAMAN ROHANI BUKANLAH LANDASAN
Bacaan: Hosea 12

Dalam pasal ini menceritakan tentang kisah Yakub leluhur Israel. Sejak dari dalam kandungan, Yakub  menyerobot atau menipu Esau saudaranya. Ia juga bergumul dengan Allah dan dengan Malaikat-Nya serta mengharapkan berkat. Yakub juga bertemu dengan Allah di Bethel. Yakub leluhur Israel telah mengalami pengalaman-pengalaman yang luar biasa bersama Tuhan. Namun apakah dengan pengalaman-pengalaman Yakub itu telah membuat Israel menjadi umat yang taat kepada Tuhan?

Banyak orang Kristen menceritakan tentang pengalaman-pengalaman hidupnya bersama Tuhan. Dan hal itu banyak membangun iman umat Tuhan lainnya. Pengalaman adalah hal yang baik. Namun masalahnya banyak orang Kristen yang mengalami pengalaman-pengalaman itu seolah-olah karena mereka hidup suci. Mereka merasa telah mengenal Allah dengan benar. Dan juga merasa lebih rohani dari orang percaya lainnya. Tetapi apa yang Tuhan inginkan seperti kepada Yakub dan Israel, "— yakni TUHAN, Allah semesta alam, TUHAN nama-Nya — Engkau ini harus berbalik kepada Allahmu, peliharalah kasih setia dan hukum, dan nantikanlah Allahmu senantiasa." (Ay.6-7). Atau dalam terjemahan bahasa indonesia masa kini, Tuhan menghendaki agar keturunan Yakub hidup beribadat dan berbalik kembali kepada Tuhan serta hiduplah dalam kebenaran. Jadi bukan hanya sekedar mengejar pengalaman tetapi hidup dalam pertobatan dan kebenaran, alami perubahan hidup serta beribadah kepada Tuhan Yesus bukan kepada yang lain, itulah yang dikehendaki oleh Tuhan.

Pengalaman hidup bersama Tuhan memang penting tapi bukanlah landasan dalam proses membangun iman. Pertobatan, perubahan hidup dan hidup dalam kebenaran itulah yang dikehendaki Tuhan. Inilah yang disebut ibadah yaitu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, kudus dan berkenan kepada Allah.

Bangunlah imanmu bukan diatas dasar pengalaman tetapi diatas dasar kebenaran Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
Hosea 12:6 (7) "Engkau ini harus berbalik kepada Allahmu, peliharalah kasih setia dan hukum, dan nantikanlah Allahmu senantiasa."
 
Pembacaan setahun BERGEMA:
Tgl. 30 Nov. 2019 : 2Kor. 10 - 13

Tonton juga video ini: 
Apakah motivasimu dalam beribadah? Apakah agar engkau diberkati? Hidup tentram? Sehat? Masuk sorga? Temukan jawabannya disini:
https://youtu.be/LuTR0a4s7pM

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT