Devotion 1225 : ETALASE ROHANI

Devotion 1225 - Dr. Heintje Kobstan
ETALASE ROHANI
Bacaan: Hosea 9

Nabi Hosea melarang Israel untuk merayakan hari raya-hari raya dan bersukacita didalamnya. Perayaan-perayaan itu merupakan tanda ucapan syukur kepada Tuhan yang telah memelihara hidup mereka. Bahkan lewat perayaan-perayaan itu, Israel mengenang dan merayakan perbuatan Tuhan yang dahsyat atas hidup mereka. Namun mengapa perayaan-perayaan itu dilarang oleh Hosea? Sebab Israel telah meninggalkan Tuhan Allah mereka.

Apalah artinya suatu perayaan rohani jika kita telah kehilangan makna dari perayaan tersebut. Yang ada hanyalah suatu tradisi atau rutinitas yang didalamnya penuh hura-hura tanpa makna. Bahkan yang bisa terjadi di dalam perayaan itu, kita bukanlah bersyukur kepada Tuhan namun malah berbalik melawan Tuhan dengan menyembah berhala (ay.4-5). Mengapa berhala? Adalah ketika perayaan itu berbalut materi dan hura-hura belaka. Sebenarnya dan seharusnya, perayaan-perayaan kerohanian merupakan suatu etalase untuk menunjukkan siapa Tuhan kita kepada dunia. Hal itu bisa terjadi ketika kita tidak menyimpangkan makna atau tujuan dari perayaan tersebut. Israel melakukan perayaan bukan kepada Tuhan tetapi kepada berhala. Hosea memperingatkan mereka bahwa Tuhan tidak berkenan atas perayaan-perayaan tersebut dan akan menghukum mereka karenanya.

Apakah kita tidak perlu merayakan hari-hari besar kristiani? Apalagi Natal sudah sangat dekat. Tentu saja harus! Adalah suatu keharusan bagi kita untuk memperingati dan merayakannya namun dengan makna atau tujuan yang benar yang didasari kebenaran firman Tuhan! Perayaan merupakan suatu ungkapan kesaksian kepada dunia bahwa Tuhan Yesus yang kita sembah adalah Tuhan yang hidup, berkuasa, berdaulat dan mengasihi umatNya. Natal telah tiba, rayakanlah!

Perayaan rohani merupakan etalase untuk menunjukkan kepada dunia siapa Tuhan kita.

#passionateheintje.blogspot.com
Hosea 9:5 "Apakah yang hendak kamu perbuat pada waktu pertemuan raya dan pada waktu hari raya TUHAN?"

#passionateheintje.blogspot.com
Pembacaan setahun BERGEMA:
Tgl. 19 Nov. 2019 : Roma 7-9

Tonton juga video ini: 
Kebesaran Tuhan harus direspon dengan rasa kagum umatNya. Apakah engkau masih kagum kepada Tuhanmu?
https://youtu.be/glY0NkQ7Zl4

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT