Devotion 1224 : HANYA MERASA

Devotion 1224 - Dr. Heintje Kobstan
HANYA MERASA
Bacaan: Hosea 8

Asyur akan bergerak menghancurkan Israel seperti burung menyambar mangsanya. Mengapa harus terjadi? Karena umat Tuhan telah melanggar perjanjian antara mereka dengan Tuhan dan melawan ajaran-ajaranNya. Mereka menyebut Tuhan adalah Allah mereka dan bahkan mereka mengenalNya dengan baik. Jika memang demikian seharusnya Israel tidak akan mengalami kehancuran. Tetapi ternyata Israellah penyebab dari semua ini.

Mereka merasa telah mengetahui Taurat bahkan merasa telah mengenal Tuhan tetapi pada kenyataannya tidak. Karena merasa tahu tapi tidak tahu maka mereka mengira bahwa setiap tindakan yang diambil itu atas pimpinan Tuhan. Mereka memilih raja, tetapi tidak meminta pendapat Tuhan. Akhirnya terjerumuslah mereka dalam dosa penyembahan berhala tetapi merasa itulah yang benar. Akar dosa Israel terletak pada sikap Israel yang menyimpang dari perjanjian dan menolak taurat Tuhan. Mereka sudah tidak mau taat dan tunduk pada firman Tuhan karena merasa telah mengerti. Malah yang mereka lakukan adalah kehendaknya sendiri. Ada banyak hal yang mereka lakukan seolah-olah untuk Tuhan tetapi ternyata hanya untuk memuaskan keinginan mereka sendiri. Mereka membangun mezbah untuk penghapus dosa, tetapi makin banyak pula tempat bagi mereka untuk berbuat dosa. Mereka mempersembahkan korban, tetapi tidak dikenan Tuhan. Mereka membangun banyak istana tetapi lupa kepada Tuhan, Pencipta mereka. Inilah kejahatan yang dilakukan oleh Israel.

Merasa rohani akan membawa kita kepada kesesatan. Merasa mengenal Tuhan tetapi ternyata Tuhan tidak mengenal kita. Merasa telah berbuat banyak untuk pekerjaan Tuhan tetapi ternyata semua itu hanya untuk memuaskan ego. Merasa mengetahui kebenaran tetapi ternyata kita tidak mengetahui apa-apa. Merasa sudah melayani Tuhan tetapi ternyata yang dilayani adalah mamon. Berhati-hatilah jika kita hanya 'merasa' tetapi tidak belajar untuk hidup dan menghidupi kebenaran. 

Merasa benar tetapi ternyata salah hal inilah yang dialami oleh umat beragama tentang tuhannya.

#passionateheintje.blogspot.com
Pembacaan setahun BERGEMA:
Tgl. 07 Nov. 2019 : Yohanes 19-21

Tonton juga video ini: 
Hidup beragama atau hidup dalam kehendakNya yang sedang kita sedang kita jalani saat ini? Temukan jawabannya disini:
https://youtu.be/elaJKRnqUGY

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT