Devotion 1227 : KASIH BAPA TIADA BERKESUDAHAN

Devotion 1227 - Dr. Heintje Kobstan
KASIH BAPA TIADA BERKESUDAHAN
Bacaan: Hosea 11

Hosea menggambarkan perlakuan seorang anak terhadap bapaknya yang begitu buruk. Memang banyak orang tua yang menelantarkan anaknya tetapi lebih banyak anak yang menelantarkan orang tuanya. Bahkan Hosea mengatakan, Ketika Israel masih muda, Kukasihi dia, dan dari Mesir Kupanggil anak-Ku itu. makin Kupanggil mereka, makin pergi mereka itu dari hadapan-Ku; mereka mempersembahkan korban kepada para Baal, dan membakar korban kepada patung-patung (ay.1-2).

Indonesia punya kisah-kisah dimana anak yang durhaka kepada orangtuanya akhirnya mendapatkan hukuman. Misalnya kisah Malin Kundang, Batu Menangis, Si Lancang, Si Kintan, dan Legenda Batu Bangkai, yang kesemuanya bercerita tentang anak yang durhaka kepada orangtuanya dan akhirnya kena hukuman. Bagaimana dengan Israel? Israel dikategorikan sebagai anak durhaka. Ia tidak menganggap lagi Tuhan sebagai Bapaknya, malah melupakan dan pergi mencari bapak lain yaitu Baal dan berhala-berhala. Walau demikian Allah Bapa tetap mengasihi Israel, walaupun Israel terpuruk, kasih-Nya tetap nyata sekalipun Israel berbuat sebaliknya. Setelah penghukuman dahsyat ditimpakan, Allah kembali menyelamatkan mereka (ay. 8-9). Israel dihukum supaya mereka bertobat, kapok akan dosa mereka, dan berbalik setia mengikut Dia. Jika Israel mau bertobat, maka kedudukan mereka akan dikembalikan dari pembuangan dan dipulihkan seperti keadaan semula (ay. 10-11). Inilah pernyataan kasih Allah Bapa yang tiada berkesudahan terhadap umat-nya.

Kasih Allah Bapa melebihi kasih orang tua, Ia tetap mengasihi dan menolong Israel disaat kesukaran datang. Kasih Allah Bapa juga diberikan kepada setiap manusia lewat Yesus Kristus. Kasih yang melampaui kuasa dosa inilah yang dinyatakan Allah melalui kematian Yesus Kristus. Bukan hanya melebihi kuasa dosa saja, kasih Allah bahkan melampaui kekuatan maut yang menguasai kita. Kasih Allah membawa kita menuju kemuliaan sorgawi. 

Kasih Allah yang dinyatakan lewat Yesus Kristus yang melampaui dosa dan maut akan membawa hidup kekal bagi yang meresponinya.

#passionateheintje.blogspot.com
Hosea 11:7 (TB)  "Umat-Ku betah dalam membelakangi Aku; mereka memanggil kepada Baal dan berhenti meninggikan nama-Ku."

Pembacaan setahun BERGEMA:
Tgl. 24 Nov. 2019 : 1Kor. 7 - 9

Tonton juga video ini: 
Lembaga keluarga merupakan ide Allah dan yang pertama dibentuk dari semua lembaga yang ada... bagaimana agar keluarga menjadi sorga di bumi ini? Temukan jawabannya disini:
https://youtu.be/CJRU-ZwY52A

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT