Devotion 1223 : MEMINTA NAMUN MENOLAK

Devotion 1223 - Dr. Heintje Kobstan
MEMINTA NAMUN MENOLAK
Bacaan: Hosea 7

Kau yang meminta namun kau juga yang menolaknya. Apa maksud dari kalimat ini? Disaat umatNya berdosa dan membutuhkan pengampunan Tuhan maka Tuhan mengampuni. Tetapi ketika pengampunan diberikan umatNya justru menolaknya dengan melakukan dosa lagi. Itulah yang dialami oleh bangsa Israel. Bukannya Tuhan tidak mengampuni mereka namun merekalah yang terus menerus berbuat dosa walau dalam doa merekapun meminta pengampunan Tuhan (ay.1-2).

Kesempatan demi kesempatan Tuhan berikan untuk bertobat tapi kesempatan ini tidak ditanggapi sungguh-sungguh oleh Israel. Apa yang dilakukan oleh Israel adalah mengadakan persekutuan dengan bangsa-bangsa yang ada disekitar mereka. Bangsa-bangsa inilah yang menarik mereka untuk menjauh dari Tuhan. Karena mereka menjauh dari Tuhan maka kekuatan dan kehidupan mereka hilang, sebab Tuhanlah sumber kekuatan dan kehidupan umatNya. Tetapi mereka tidak menyadarinya dan tidak berbalik mencari Tuhan. Kata ‘berbalik’ berasal dari bahasa Ibrani ‘syub’ yang berarti ‘bertobat’ dalam makna perubahan pikiran, pandangan, dan sikap hidup. Dengan berbalik kepada Allah umat berharap Allah melepaskan mereka dari maut. Mereka beribadah namun ibadah mereka palsu adanya. Mereka berdoa namun doa mereka hanyalah ritual keagamaan saja (ay.13-14). Bahkan mereka terus menyembah dewa-dewa yang bagi Israel itulah tuhan mereka. Sehingga Tuhan yang benar telah menjadi musuh umatNya. 

Bahwa tangan Tuhan tidak kurang panjang untuk menolong umatNya dan telinganya tidak kurang tajam untuk mendengar seruan doa umatNya adalah benar. Tetapi yang jadi penghalang adalah dosa-dosa umatNya sehingga mereka kehilangan kekuatan dan sumber kehidupan itu. Hanya Yesus yang sanggup menyelesaikan semua dosa manusia. Berbaliklah segera sebelum semuanya berakhir dalam kesia-siaan dan carilah perkenanan Tuhan selalu dalam kehidupanmu. 

Semua dosa dan pelanggaran hanya dapat diselesaikan oleh Yesus Kristus karena itu berbaliklah kembali padaNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Hosea 7:13 "Celakalah mereka, sebab mereka melarikan diri dari pada-Ku! Binasalah mereka, sebab mereka memberontak terhadap Aku! Aku ini mau menebus mereka, tetapi mereka berdusta terhadap Aku."

#passionateheintje.blogspot.com
Pembacaan setahun BERGEMA:
Tgl. 24 Okt. 2019 : Lukas 13 - 14

Tonton juga video ini:
Umat Tuhan harus menghasilkan hal-hal yang baik, namun bagaimana caranya? Temukan jawabannya disini:
https://youtu.be/lQivaYtgQ7I

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT