Devotion 1221 : JOKER

Devotion 1221 - Dr. Heintje Kobstan
JOKER
Bacaan: Hosea 5

Dunia hiburan sedang heboh dengan penayangan sebuah film berjudul JOKER. Seorang penjahat yang kejam dan licik yang merupakan musuh bebuyutan Batman. Seorang Joker tidak muncul begitu saja. Kepribadiannya dibentuk oleh lingkungannya yang kejam padanya. Ia adalah seorang komedian yang gagal, seringkali menerima perlakuan yang tidak senonoh, sering diejek, hidup dalam kepiluan dan diabaikan oleh masyarakat. Sehingga seorang Arthur Fleck bertransformasi menjadi Joker, penjahat yang kejam.

Apa hubungan Joker dengan pembacaan kita hari ini? Ternyata lingkungan sangat berperan membentuk karakter seseorang. Lingkungannya yang kemudian menjerumuskan Israel masuk kedalam perzinahan. Para imam, para pemimpin sangat berperan untuk menjerumuskan Israel. Mereka berbuat demikian meski mereka mengerti bahwa Allah melihat dan mengetahui semua perbuatan mereka (ay. 3). Kata ‘mengenal’ dapat berarti ‘mempunyai relasi yang erat’.  Akan tetapi, sejarah Israel menunjukkan kebebalan mereka. Bukan hanya menyombongkan diri dan merasa tidak akan ada apa-apa, mereka malah mencoba mencari pertolongan dari bangsa lain (ay.13). Artinya mereka berkeras kepala untuk tidak mengakui dosa mereka di hadapan Tuhan, dan bersikukuh untuk membenarkan diri mereka sendiri. Akibat yang mereka alami adalah kehancuran akan menimpa mereka tanpa dapat mereka elakkan (ay.11). Pada saat itu jangan harap mereka dapat selamat (ay.4-7, 14)! Joker tahu tentang perbuatannya yang jahat, begitu juga dengan Israel namun mereka tidak dapat menolong diri mereka sendiri.

Yang dibutuhkan Israel adalah kesadaran bahwa apa yang mereka lakukan adalah salah dan bertobat. Lingkungan dapat mempengaruhi karakter seseorang, karena itu, carilah lingkungan yang baik, positif dan dapat mendukung pembentukan karaktermu. Carilah Tuhan Yesus dan hidup berkenan kepadanya.

Karakter seseorang dapat dipengaruhi oleh lingkungan karena itu hiduplah dalam lingkungan yang baik dan positif.

#passionateheintje.blogspot.com
Pembacaan setahun BERGEMA:
Tgl. 13 Okt. 2019 : Matius 10-12

Tonton juga video ini:
Setiap manusia ternyata mempunyai dari side atau sisi gelapnya, bagaimana mengatasi dari side itu? Temukan jawabannya disini:
https://youtu.be/TG5Yj8i7idI

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT