Devotion 1231 : BERESPONLAH DENGAN BENAR

Devotion 1231 - Dr. Heintje Kobstan
BERESPONLAH DENGAN BENAR
Bacaan: Yoel 1

Ebiet G. Ade dalam lagunya Berita Kepada Kawan bertutur... Barangkali di sana ada jawabnya, mengapa di tanahku terjadi bencana... Mungkin Tuhan mulai bosan, melihat tingkah kita yang selalu salah dan bangga dengan dosa-dosa... Seperti nabi Yoel yang berkata kepada para tua-tua... Para tua-tua, bukan tua-tua pejabat, tetapi orang-orang yang berusia lanjut yang meneruskan adat masa lampau kepada generasi berikut. Yoel mengadu tentang keadaan bangsanya yang sedang dilanda malapetaka yang dahsyat.

Negeri sang nabi sedang dilanda hama belalang. Keempat jenis belalang ini dilihat sebagai berbagai jenis belalang yang menghancurkan seluruh tanaman. Dalam suatu serbuan belalang yang terjadi sekitar tahun 1980-an di Afrika, dilaporkan bahwa seekor belalang yang bertelur bisa memiliki delapan belas juta anak dalam waktu empat bulan kemudian. Jika ini merupakan suatu tentara maka inilah tentara yang sangat besar. Selain belalang, bangsa ini juga sedang diserang oleh bangsa lain yang sangat kuat. Juga bangsa ini dilanda kekeringan yang sangat. Karena itu, nabi Yoel memaklumkan agar seluruh bangsa merendahkan diri dan berkabung. Para Imam atau pelayan Tuhan pun tidak luput dari hal ini. Mereka mengadakan puasa raya dan berseru memohon kemurahan Tuhan. Apakah Tuhan sudah bosan melihat tingkah laku hidup manusia yang kecenderungannya adalah berbuat jahat? Tidak, sekalipun manusia berbuat jahat, Tuhan begitu mengasihi umat-nya namun hukuman dan keadilan Tuhan tetap dinyatakan.

Perlunya kita selalu mengoreksi diri sendiri, apakah ada dosa atau kesalahan yang bisa mendatangkan kutuk malapetaka atas hidup ini. Atau apakah ada kutuk dosa nenek moyang yang turun dalam hidup kita yang belum diputuskan. Perlunya juga kita selalu merendahkan diri di hadapan Tuhan dan berbalik dari dosa dan kejahatan. Respon kitalah yang menentukan apakah kita hidup dalam anugerah dan berkat-Nya atau dalam kutuk malapetaka.

Beresponlah dengan benar ketika hidupmu sedang berada dalam masalah
 
Pembacaan setahun BERGEMA:
Tgl. 25 Jan. 2020 : Ul. 10-12

Tonton juga video ini: 
Apakah ibadah itu? Seperti apakah ibadah yang benar itu? Temukan jawabannya disini:
https://youtu.be/A5rFgqoiUks

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT