Devotion 1230 : BERAKHIR DENGAN ANUGERAH

Devotion 1230 - Dr. Heintje Kobstan
BERAKHIR DENGAN ANUGERAH
Bacaan: Hosea 14

Dosa dan pelanggaran pasti akan dibayar dengan penghukuman. Mungkin ada kejahatan yang tidak dapat dibuktikan di pengadilan manusia sehingga pelakunya bisa bebas. Tetapi tak ada satupun kejahatan yang luput dari penghukuman Tuhan. Israel si pelaku kejahatan berusaha untuk menyogok Tuhan dengan berbagai korban persembahan tetapi apakah itu dapat melepaskannya dari penghukuman? Tuhan bukanlah manusia yang bisa disogok dengan berbagai materi. Siapapun yang berbuat dosa dan kejahatan pastilah akan dihukum!

Allah berulang kali menghukum Israel bahkan semakin lama semakin dahsyat, yang memuncak pada penghancuran kerajaan utara oleh Asyur, dan pembuangan Yehuda ke Babel. Tetapi ujungnya adalah pengampunan dan pemulihan umat. Anugerah Allah tetap dinyatakan setelah hukuman dahsyat dijatuhkan. Dosa membuat Israel tergelincir jatuh dalam penghukuman. Namun bagi Tuhan, penghukuman merupakan tindakan pendisiplinan karena hal itu akan berakhir dengan anugerah. Dimana ada penghukuman disitu telah tersedia anugerah. Pertobatan akan menggerakan anugerah Tuhan. Bertobat bukan saja berarti berbalik dari tingkah laku yang jahat dan meninggalkan segala kejahatan. Bertobat juga berarti suatu pengakuan atau ucapan (buah) bibir (yang bersumber dari hati yang bertobat) akan perbuatan jahatnya. Pengakuan yang tulus ini merupakan korban persembahan yang menjadi ucapan syukur atas perkenanan Tuhan bagi hidupnya. Tidak ada satu bangsa di dunia ini yang sanggup menolong Israel keluar dari penghukuman hanya Tuhan saja. Jika Israel tetap tidak mau bertobat maka ia seperti pemberontak yang segera digiring masuk dalam penghukuman yang berakhir dengan kebinasaan. 

Tuhan tidak ingin umat-Nya binasa karena penghukuman tanpa pertobatan.   Israel bukannya tidak mengenal Tuhan tetapi mereka menolak untuk tunduk kepada-Nya. Israel dihukum karena pemberontakan mereka! Sebagai umat Tuhan apalagi mereka yang sudah melayani bahkan mengaku diri sebagai hamba Tuhan, bertindaklah bijaksana! Tunduklah kepada Tuhan dan jangan berontak!

Dibalik penghukuman telah tersedia anugerah Tuhan bagi mereka yang bertobat.

#passionateheintje.blogspot.com
Hosea 14:9 (10) "Siapa yang bijaksana, biarlah ia memahami semuanya ini; siapa yang paham, biarlah ia mengetahuinya; sebab jalan-jalan TUHAN adalah lurus, dan orang benar menempuhnya, tetapi pemberontak tergelincir di situ. "
 
Pembacaan setahun BERGEMA:
Tgl. 07 Jan. 2020 : Imamat 19-21

Tonton juga video ini: 
Apakah Anda telah kehilangan pengharapan? Bagaimana ahar supaya tetap bertahan disaat situasi tidak mendukung? Temukan jawabannya disini:
https://youtu.be/cZWgoh8ZSSo

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT