BAHAGIA DAN SUKSES DI TAHUN 2012 by. Ps. Heintje B. Kobstan, MA


Apakah Tahun 2012 dunia akan kiamat?
Apakah yang akan terjadi di Tahun 2012?
Berbagai Misteri di Tahun 2012…

Menurut prediksi para ahli, berbagai peristiwa diberbagai bidang kehidupan yang akan terjadi di Tahun ini, adalah:

   Ekonomi: mata uang euro kian melemah hingga diambang batas kebangkrutan yang berakibat pada pelemahan rupiah. China, india, russia, brazil, meksiko semakin memimpin ekonomi dunia diiringi melemahnya kekuatan ekonomi negara2 eropa. Dollar bertahan menghadapi krisis meski sempoyongan dan disiasati dgn money printing besar2an yg mengakibatkan inflasi tinggi. Akibatnya di akhir tahun dollar jatuh disusul kacaunya sistem ekonomi dunia yg berakibat langsung kepada rupiah. Jatuhnya dollar dan bangkitnya China dan India mengakibatkan permintaan emas melonjak tajam membuat harga emas naik tinggi.

   Politik: ketegangan yg semakin memuncak, perang bawah tanah semakin nyata antara illuminatus yg dipimpin amerika dengan kelompok naga putih yg bermarkas di china. Para hacker saling serang pusat data intelijen kedua belah pihak yg berakibat pada kacaunya sistem keamanan, informasi dan keuangan. Amerika cukup kewalahan menghadapi lawan mereka. Inggris dan israel sebagai mitra setianya turun tangan. China mendapat dukungan dari kelompok2 bawah tanah lain dari berbagai penjuru dunia.

   Bencana: masih terjadi gempa2 besar maupun kecil di darat maupun bawah laut. Gunung2 tertentu masih batuk2 dan beberapa lagi semakin aktif. Gagalnya protokol Kyoto mengakibatkan pemanasan global kian menjadi-jadi. Angin topan semakin sering melanda daerah2 padat penduduk. Es kutub semakin mencair mengakibatkan permukaan laut naik pesat memakan pantai2 utara jawa, terlebih jakarta. 2012 adalah tahun air di mana banjir melanda banyak kota2 besar yg beriklim tropis,termasuk juga india dan pakistan.

   Teknologi: negara2 Timur tengah mulai memproduksi senjata nuklir secara massal. Jepang mulai menjual teknologi persenjataan mereka. China semakin banyak memproduksi senjata dan pesawat tempur. Mobil ramah lingkungan semakin menjadi tren dunia karena jepang sudah memproduksi city car listrik murah. Indonesia mulai memproduksi sendiri mobil2 murah yg disupport oleh pemerintah. Tentang prediksi bangkit dan jatuhnya perusahaan2 seluler, tidak perlu saya sebutkan.

   Cuaca: iklim yang sangat ekstrim dengan musim panas semakin panas dan musim dingin yg beku. Terjadi anomali cuaca yg berakibat pada kematian massal burung2 migrasi dan ikan2 di laut serta datangnya wabah besar seperti ulat bulu, belalang, hama, dsb. Penebangan liar dan dan alih hutan menjadi lahan sawit memperparah kekeringan. Di musim kemarau mata air dan sumber2 air lainnya banyak mengering. Semakin langkanya air di seluruh dunia berakibat pada krisis pangan global dan nasional.

   Kependudukan: booming populasi di negara2 dunia ketiga. Kelas menengah kian menyusut dan kaum miskin menjamur di mana2. Semakin banyak orang stres yg berdampak pada perilaku abnormal, kriminalitas yg kian tak wajar, sentimen antarkelompok dan konfik SARA yg semakin sering. Sensitifitas individu semakin tinggi. Dan, menurut ramalan dukun beranak, akan semakin banyak bayi2 lahir tanpa tahu siapa bapaknya…

Namun ditengah prediksi bahwa 2012 adalah tahun yang penuh dengan ketidakpastian, masalah, kesulitan dan tantangan, bagaimanakah kita sebagai Umat Tuhan dapat meraih KEBAHAGIAAN dan KESUKSESAN???

“MASALAH ADALAH KESEMPATAN UNTUK MERAIH SUKSES DAN KEUNTUNGAN”

Semua hasil karya manusia di muka bumi ini dimulai karena ditemukannya masalah dan kemudian manusia mulai mencari solusi dari masalah-masalah itu…
Misalnya:
1   .    Manusia tidak dapat melakukan pekerjaan ketika hari sudah gelap… 
        maka Thomas Alfa Edison kemudian mencari solusinya dan menemukan lampu…
2   .    Manusia tidak dapat pergi ke suatu dengan jarak yang jauh dengan waktu tempuh yang singkat… 
       maka Wright bersaudara menemukan pesawat terbang…
3   .    Dan berbagai penemuan lainnya yang dihasilkan oleh karena adanya masalah.

Jadi apakah yang harus kita lakukan sehingga Bahagia dan Sukses menjadi milik kita di tahun 2012 ini?

Mazmur 40:1-6
“Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. (40-2) Aku sangat menanti-nantikan TUHAN; lalu Ia menjenguk kepadaku dan mendengar teriakku minta tolong. (40-3) Ia mengangkat aku dari lobang kebinasaan, dari lumpur rawa; Ia menempatkan kakiku di atas bukit batu, menetapkan langkahku, (40-4) Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada TUHAN. (40-5) Berbahagialah orang, yang menaruh kepercayaannya pada TUHAN, yang tidak berpaling kepada orang-orang yang angkuh, atau kepada orang-orang yang telah menyimpang kepada kebohongan! (40-6) Banyaklah yang telah Kaulakukan, ya TUHAN, Allahku, perbuatan-Mu yang ajaib dan maksud-Mu untuk kami. Tidak ada yang dapat disejajarkan dengan Engkau! Aku mau memberitakan dan mengatakannya, tetapi terlalu besar jumlahnya untuk dihitung.”

1. Mazmur 40:1-3
“Aku sangat menanti-nantikan TUHAN; lalu Ia menjenguk kepadaku dan mendengar teriakku minta tolong. Ia mengangkat aku dari lobang kebinasaan, dari lumpur rawa; Ia menempatkan kakiku di atas bukit batu, menetapkan langkahku”

“Aku sangat menanti-nantikan TUHAN”… kata menantikan Tuhan mengandung pengertian:

     a.    Patiently = dengan sabar… Matius 7:7
“Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.” Matius 7:7, TB. = secara kontinyu… jangan berhenti…

     b.    Relationship = Intimacy = keintiman… hanya orang yang intim dan bergaul akrab dengan Tuhan maka Ia akan mengalami pertolongan Tuhan dari:
·      lobang kebinasaan = a pit of tumult = destruction = kehancuran
·      lumpur rawa = kehidupan lama = kuasa dosa/maut
sehingga kita akan:
·      ditempatkan di atas bukit batu = he set my feet upon the rock = dasar yang tak tergoyahkan yaitu batu karang/gunung batu yang dijadikan sebagai tempat pijakan yang kokoh yang adalah Yesus Kristus sendiri.
·      menetapkan langkah kakiku = langkahku mantap = karena kita tahu siapa yang beserta kita dan kita memiliki pengharapan yang pasti terhadap seluruh janji Allah….

2. Mazmur 40:5,
“Berbahagialah orang, yang menaruh kepercayaannya pada TUHAN, yang tidak berpaling kepada orang-orang yang angkuh, atau kepada orang-orang yang telah menyimpang kepada kebohongan!”

Kata BERBAHAGIA mengandung arti = BLESSED = diberkati
Bagaimana kita bisa mengalami berkat-berkat Tuhan di Tahun ini?

     a.    Tidak berpaling kepada orang-orang yang angkuh atau kepada orang-orang yang telah menyimpang kepada kebohongan (khianat/curang) = bersekutu atau mengandalkan manusia = kefasikan dan kebebalan (Mazmur 1:1)
Yeremia 17:5-6 “Beginilah firman TUHAN: “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN! Ia akan seperti semak bulus di padang belantara, ia tidak akan mengalami datangnya keadaan baik; ia akan tinggal di tanah angus di padang gurun, di negeri padang asin yang tidak berpenduduk.”

     b.    Percaya kepada Tuhan = maketh Jehovah his trust = menjadikan Tuhan kepercayaanku = mengandalkan Tuhan
Yeremia 17:7-8 Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.”

3. Mazmur 40:6
“Banyaklah yang telah Kaulakukan, ya TUHAN, Allahku, perbuatan-Mu yang ajaib dan maksud-Mu untuk kami. Tidak ada yang dapat disejajarkan dengan Engkau! Aku mau memberitakan dan mengatakannya, tetapi terlalu besar jumlahnya untuk dihitung.”

Banyaklah yang telah Kau lakukan, ya TUHAN… = berbicara tentang:

     a.    Hitunglah semua berkat-berkat Tuhan dalam hidupmu… dapatkah kita menghitungnya? Ketika kita tidak bisa menghitung segala berkat Tuhan, maka disitulah kita bisa melihat begitu besarnya kasih dan kuasa Tuhan... sehingga dalam keadaan apapun, hal inilah yang akan membuat kita terus bersyukur kepada Tuhan.

     b.    Janganlah lupakan segala kebaikan Tuhan…
Mazmur 103:1-5 “Dari Daud. Pujilah TUHAN, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku! Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya! Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu, Dia yang menebus hidupmu dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat, Dia yang memuaskan hasratmu dengan kebaikan, sehingga masa mudamu menjadi baru seperti pada burung rajawali.”
Ketika kita mengingat kebaikan Tuhan, maka saat-saat mengalami masa-masa yang sukar maka kita akan tetap kuat dan mempercayai Tuhan.

4. Mazmur 40:4
“Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada TUHAN.”
Kata nyanyian baru disini bukan hanya berarti kita menyanyikan nyanyian-nyanyian baru atau lagu-lagu baru atau mazmur atau tehillah tapi juga berarti menceritakan semua pengalaman-pengalaman hidup kita berjalan bersama Tuhan.
Semua pengalaman-pengalaman baik maupun buruk itulah yang menggambarkan semua pekerjaan Tuhan.

* Mazmur 34:7-11
(34-7) Orang yang tertindas ini berseru, dan TUHAN mendengar; Ia menyelamatkan dia dari segala kesesakannya.
7 (34-8) Malaikat TUHAN berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka.
 8 (34-9) Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya TUHAN itu! Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya!
 9 (34-10) Takutlah akan TUHAN, hai orang-orang-Nya yang kudus, sebab tidak berkekurangan orang yang takut akan Dia!
 10 (34-11) Singa-singa muda merana kelaparan, tetapi orang-orang yang mencari TUHAN, tidak kekurangan sesuatupun yang baik.

* Mazmur 65:5
(65-5) Berbahagialah orang yang Engkau pilih dan yang Engkau suruh mendekat untuk diam di pelataran-Mu! Kiranya kami menjadi kenyang dengan segala yang baik di rumah-Mu, di bait-Mu yang kudus.

Amin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT